News Commerce

Grafik Pertumbuhan Global Penjualan Langsung Naik 2,3 Persen Sepanjang 2020

Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:24 | 23.24k
Malou Caluza, CEO QNET (Foto: Dok.QNET)
Malou Caluza, CEO QNET (Foto: Dok.QNET)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Laporan Penjualan Langsung terbaru, yang diterbitkan oleh World Federation of Direct Selling Associations (WFDSA), menunjukkan penjualan langsung global meningkat 2,3% tahun-ke-tahun, dari US$175,3 miliar pada 2019 menjadi US$179,3 miliar pada 2020.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (CAGR) 3 tahun meningkat meskipun kehancuran yang disebabkan oleh Covid-19.

Dari tahun 2017 hingga 2020, industri Penjualan Langsung mencatat CAGR sebesar 3,0% (tidak termasuk China), menunjukkan ketahanan di mana sebagian besar sektor komersial mengalami tren penurunan akibat pandemi.

“Pandemi memaksa banyak bisnis untuk mempercepat adopsi digital mereka," terangnya, Selasa (24/8/2021).

Malou Caluza, CEO QNET sebuah perusahaan penjualan langsung bertaraf internasional menyebutkan, untuk industri penjualan langsung yang secara tradisional mengandalkan interaksi pribadi, adopsi digital sangatlah penting.

Mereka yang membuat perubahan dengan cepat dan mampu terlibat dengan dan mendukung pelanggan dan distributor mereka, tidak hanya bertahan, tetapi berkembang.

Lebih lanjut, Malou menjelaskan bahwa QNET sebagai perusahaan penjualan langsung juga sangat cepat dalam merespon perubahan ini sehingga bisnis penjualan langsung selalu terus berjalan dan bertahan sampai sekarang, bahkan semakin meningkat.

Malou Caluza menambahkan bahwa landasan bisnis penjualan langsung adalah hubungan dan sentuhan pribadi yang dibangun distributor dengan pelanggan mereka, dan anggota tim mereka sendiri.

Dengan adanya aturan penyekatan wilayah dan pembatasan kegiatan yang memaksa jarak sosial dan periode isolasi yang lama, industri penjualan langsung memang terpukul pada hari-hari awal pandemi.

Namun, sebagian besar perusahaan segera pulih setelah mereka dengan cepat beradaptasi dengan normal baru dengan beralih ke alat keterlibatan digital dan acara virtual serta program pelatihan.

“Bagi banyak orang, penjualan langsung menawarkan platform yang bagus untuk menjadi pengusaha mikro dan membangun bisnis penjualan yang mempromosikan produk tersebut ketika mereka mendaftar sebagai distributor perusahaan penjualan langsung," tambah Malou Caluza.

Di tahun 2020, penjualan langsung menjadi lebih cepat dalam merespon perubahan perilaku konsumen.

Industri harus menemukan kembali dirinya sendiri untuk beradaptasi dengan situasi global yang berubah dengan cepat.

Sementara hal-hal seperti perdagangan sosial, solusi gaya hidup terintegrasi melalui penawaran produk, dan alat canggih yang digerakkan oleh teknologi adalah hal-hal yang baik untuk diadopsi oleh perusahaan.

"Saya pikir penting bagi industri untuk kembali ke asal-usul konsep dan upaya mereka, dengan fokus pada berbagi komunitas tujuan ekonomi yang berharga dan menawarkan kesempatan untuk pertumbuhan pribadi dan profesional," ungkapnya.

Penjualan langsung merupakan evolusi dari salesman keliling dari awal 1900-an. Bisnis penjualan langsung adalah bisnis pertunjukan ekonomi asli sebelum perusahaan teknologi membuat bentuk peluang kerja fleksibel ini populer dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak bisnis di seluruh dunia menggunakan model bisnis penjualan langsung untuk mempromosikan produk dan layanan unik dalam kategori seperti kesehatan dan nutrisi, perawatan pribadi dan kecantikan, produk perawatan rumah, dan lain-lain.

Secara historis, industri ini selalu mengalami pertumbuhan selama resesi ekonomi. Selama masa ekonomi yang goyah, orang memiliki kesadaran baru tentang perlunya membangun lebih banyak aliran pendapatan dan bagi mereka yang ingin memulai bisnis, penjualan langsung menawarkan peluang menarik untuk memulai yang tidak memerlukan banyak modal atau kebutuhan untuk menangani kerepotan operasional dan logistik.

Selama perusahaan penjualan langsung telah beradaptasi dengan perubahan dan menerima perubahan paradigma yang akan membentuk masa depan, tidak ada waktu yang lebih baik untuk bergabung dengan penjualan pangsung selain sekarang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES