Politik

PDI Perjuangan Resmikan Kantor Partai di Aceh Barat, Hasto Sampaikan Alasannya

Senin, 23 Agustus 2021 - 19:24 | 39.34k
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: PDI Perjuangan)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (FOTO: PDI Perjuangan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPDI Perjuangan meresmikan 10 gedung kantor partai yang baru, dimana salah satunya terletak di Aceh Barat, Provinsi Aceh. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, peresmian kantor di Aceh ini adalah bagian dari komitmen partai memastikan Indonesia Raya adalah dari 'Sabang sampai Merauke'. 

Menurutnya, sebenarnya ada lima kantor partai di Aceh, tapi sengaja Aceh Barat didahulukan. Di satu sisi, hal ini sebagai bagian dari langkah konsolidasi PDI Perjuangan yang dilangsungkan serentak di seluruh Indonesia. Namun, di balik itu, ada makna lainnya. Bahwa PDI Perjuangan tak membeda-bedakan satu wilayah dengan satu wilayah lainnya, harus sejahtera bersama dalam Indonesia Raya.

"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, kita tidak pernah membedakan, karena semua satu cita-cita untuk Indonesia Raya kita," ucap Hasto Kristiyanto dalam acara virtual peresmian 10 kantor baru PDI Perjuangan, Senin (23/8/2021). 

Di acara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual bersama Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga. Sejumlah Ketua DPP lainnya berada di kantor Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Yakni Djarot Saiful Hidayat, Komarudin Watubun, Ribka Tjiptaning, dan Sri Rahayu. 

Para Ketua DPP PDI Perjuagan lainnya hadir secara virtual bersama ribuan kader partai dari seluruh Indonesia. Termasuk Puan Maharani, Ketua DPP PDI Perjuagan bidang Politik dan Keamanan. 

Kembali ke Hasto, selain di Aceh Barat, ada 9 gedung kantor partai lainnya yang diresmikan. Ada Gedung Serbaguna di DPD PDI Perjuangan Banten, serta kantor DPC PDI Perjuangan setingkat kabupaten/kota. 

Di Lombok Timur, NTB, Hasto menyebut peran senior partai di sana, Rachmat Hidayat, yang juga anggota DPR RI. Di Kalimantan Barat, Hasto menyampaikan terima kasih kepada para kader, khususnya Ketua DPD PDI Perjuangan Lasarus dan sekretarisnya Karolyn Margret Natasa. 

Di Surabaya, Jawa Timur, Hasto menjelaskan peran para pengurus daerah seperti Kusnadi, Sri Oentari, Eri Cahyadi, hingga Tri Rismaharini, mantan walikota Surabaya yang kini adalah menteri sosial. 

"Kantor DPC PDI Perjuangan di Surabaya sengaja dipilih yang dekat dengan kebun raya terbesar se-Asia Tenggara. Sehingga suasananya teduh," kata Hasto. 

Gedung baru lainnya ada di Kab. Batanghari di Jambi; Kubu Raya di Kalimantan Barat; Kab. Ketapang di Kalimantan Barat; Kab. Landak di Kalimantan Barat; Kab. Mempawah di Kalimantan Barat. 

Hasto melanjutkan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mengharapkan agar pembangunan kantor partai itu dilanjutkan oleh kader seluruh Indonesia. Ditekankan juga, agar setiap kantor partai didisasin berfungsi sebagai tempat penggalangan kaum muda. 

"Agar kaum milenial, agar semua orang muda, ketika bergabung dengan PDI Perjuangan, bisa belajar tentang apa itu nasionalisme, apa itu patriotisme, dan kebudayaan nusantara yang begitu luar biasa," ujar Hasto. 

Satu hal lagi, ditegaskan bahwa aset partai tidak boleh diperjualbelikan. "Sebab aset ini melekat sebagai harta abadi yang dimiliki oleh partai," kata Hasto. 

Sebagai catatan, DPP PDI Perjuangan terus membangun kantor partai di seluruh daerah di Indonesia. Sebelumnya, pada 22 Juli 2020, diresmikan 20 kantor baru partai di 4 provinsi, dan 16 kabupaten/kota. 

Lalu bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, kembali diresmikan 13 kantor, 1 Patung Soekarno dan 1 sekolah partai. Salah satunya adalah kantor partai yang megah di Yogyakarta, kota kelahiran Megawati. 

Pada 25 Mei 2021, Megawati Soekarnoputri ditemani Sekjen Hasto Kristiyanto dan jajaran pengurus DPP serta kader partai kembali meresmikan 25 kantor baru partainya di beberapa daerah. Dan hari ini, sebanyak 10 kantor diresmikan, termasuk kantor PDI Perjuangan di Aceh Barat. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES