Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Jokowi Lepas Jas Merah PDIP, Megawati Murka

Senin, 23 Agustus 2021 - 17:58 | 97.56k
Video youtube Jokowi Lepas Jas Merah PDIP.
Video youtube Jokowi Lepas Jas Merah PDIP.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video dengan narasi Jokowi melepas jas merah PDIP beredar di platform YouTube. Video tersebut diunggah kanal PENA ISTANA.

Video yang diunggah pada 14 Agustus 2021 pukul 05:02 WIB, diberi judul "BERITA HARI INI~ MEGA WATI MURKA KARNA JOKOWI TAK MAU LAKUKAN INI".

Pada gambar sampul video (thumbnail) terlihat Jokowi membuka jas berwarna merah, disaksikan sejumlah orang di antaranya Megawati Soekarnoputri dan Djarot Saiful Hidayat. Dalam thumbnail juga terdapat narasi Megawati murka.

cek fakta jokowi jas PDIP 2Tangkapan Layar Sumber: https://archive.vn/kW5nJ

CEK FAKTA 

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, video dengan klaim Jokowi melepas jas merah PDIP dan Megawati murka, tidak benar. Kami menelusuri gambar sampul video merupakan hasil penyuntingan atau editan, bukan gambar asli.

Kami menelusuri video dengan bantuan YouTube Data Viewer. Kami memastikan kapan video tersebut diunggah. Kami juga menemukan thumbnail, dan kemudian dengan bantuan Google Reverse Image, kami menemukan foto asli.

Hasilnya, pada foto asli bukan sosok Jokowi melainkan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok atau BTP). Ahok mengenakan jas merah yang diberikan oleh Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Ahok baru saja menyerahkan berkas pencalonan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubenur bersama Djarot Saiful Hidayat.

Foto tersebut dimuat dalam artikel CNN Indonesia berjudul Megawati, Ahok, dan Jas Merah PDIP pada 22 September 2016. Dalam keterangan foto disebutkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara simbolis memakaikan jaket PDIP kepada calon petahana Pilgub DKI Jakarta, Ahok. Tertera foto tersebut karya Adhi Wicaksono.

cek-fakta-jokowi-jas-PDIP-3.jpgSumber: Megawati, Ahok, dan Jas Merah PDIP | CNN Indonesia

Selanjutnya, kami menyaksikan konten video yang diunggah kanal PENA ISTANA. Dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak terdapat informasi yang menyebut Megawati Soekarnoputri murka atau marah. Video tersebut berisi narasi mengenai elektabilitas sejumlah orang yang diperkirakan maju pada Pilpres 2024.

Pemeriksaan atas klaim tersebut juga dilakukan oleh turnbackhoax.id ([SALAH] Jokowi Lepas Baju PDIP, Megawati Murka | Turnbackhoax).

KESIMPULAN 

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Jokowi melepas jas merah PDIP dan Megawati murka, salah. Gambar wajah Jokowi merupakan hasil editan. Foto asli adalah wajah Basuki Tjahaya Purnama (BTP atau Ahok). Video yang diunggah tidak terdapat informasi Megawati murka atau marah.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES