Kopi TIMES

Pandemi dan Memaknai Hari Kemerdekaan di Kampungku

Selasa, 24 Agustus 2021 - 05:11 | 43.74k
Pandemi dan Memaknai Hari Kemerdekaan di Kampungku
Muhammad Saukani, Mahasiswa Studi Tarjamah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Ketua HM Madina Jakarta.
Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Satu tahun yang lalu dan tahun ini, di kampungku, kehangatan merayakan hari kemerdekaan Negeri Republik Indonesia mendadak sunyi senyap. Bukan masyarakat berarti tidak antusias lagi dalam memperingati hari bersejarah ini. Tetapi karena momen 17 Agustus dua tahun terakhir ini masih dalam kondisi pandemi.

Sebelum mewabahnya Corona Virus Disease 19 atau yang sering disingkat orang dengan Covid-19, kampungku sangat ramai dalam menyemarakkan hari kemerdekaan bangsa tercinta ini. Banyak kegiatan yang diselenggarakan dan dilakukan oleh masyarakat dengan berbagai kreativitas masing-masing. Biasanya, setiap 17 Agustus seluruh elemen masyarakat, baik dari pihak pemerintahan ataupun sekolah-sekolah serta masyarakat umum selalu mengadakan upacara penaikan bendera di setiap tanah lapang.

Ketika aroma kemeriahan sudah mulai tercium atau sehari sebelum 17 Agustus, biasanya di kampungku melaksanakan acara karnaval yang dilakukan di jalan raya umum diikuti oleh seluruh sekolah yang ada di daerah, mulai dari sekolah tingkat dasar(SD) sampai sekolah tingkat menengah (SMP/SMA). Karnaval merupakan pawai yang diselenggarakan dalam rangka pesta perayaan atau merayakan hari ulang tahun suatu negara yang biasanya memperlihatkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan tersebut.

Karnaval ini diadakan dalam bentuk berjalan kaki dengan kepolosannya menggunakan pakaian atau kostum yang beragam. Ada yang memakai baju polisi, dokter, guru, bahkan ada juga yang berpenampilan layaknya seperti Soekarno-Hatta dan pahlawan lainnya. Hal ini, diperlihatkan sebagai bentuk mengenang jasa para pahlwan terhadap bangsa Indonesia. Anak SMP dan SMA dengan gaya yang “kekotaan” menunjukkan keahliannya menabuh drum band, sedangkan masyarakat berdiri/duduk di pinggir-pinggir jalan untuk menonton acara karnaval dengan gembira.

Tidak ketinggalan pula di setiap desa masyarakat memainkan Gordang Sambilan, alat musik pukul tradisional khas Mandailing Natal.
Selain itu, dalam menggairahkan hari kemerdekaan masyarakat juga mengadakan berbagai lomba seperti panjat pinang, tarik tambang, memasukkan paku ke dalam botol, lomba makan kerupuk, menari, bernyanyi, balap karung, dan lain-lain. Semua perlombaan tersebut diikuti mulai dari tingkat anak-anak hingga dewasa.

Tetapi, karena situasi pandemi yang masih menggoncang dunia sampai saat ini. Tidak mungkin masyarakat keluar rumah untuk hanya sekedar melaksanakan berbagai acara yang biasa dilakukan dalam rangka memeriahkan hari paling bersejarah bangsa Indonesia, sebab hal itu dapat mendatangkan kerumunan yang beresiko pada kenaikan angka kasus penularan virus Covid-19 ini.

Kita sudah menyaksiskan betapa hebatnya serangan penyakit menular ini terhadap bangsa kita. Tidak hanya dapat membunuh setiap orang yang terjangkit, tapi juga dapat memukul berbagai macam sendi kehidupan mulai dari lini ekonomi yang dibuatnya merosot sampai kepada pecahnya peraturan sistem pendidikan. Berbagai macam kebijakandan dan upaya yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran penyakit Covid-19 ini, mulai dari PSBB, PSBB Transisi, hingga PPKM yang berlevel-level. 

Meskipun di tengah situasi pandemi, semangat dan nasionalisme masyarakat tak pernah padam dalam memeriahkan hari kemerdekaan. Bendera merah putih tetap dipasang di setiap pinggir jalan, begitu juga dengan berbagai macam bailho dengan tulisan “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76” dilengkapi dengan foto yang berbeda-beda (para pejabat, partai politik, dan lembaga-lembaga lainnya). Tak lupa dengan pernak-pernik warna merah-putih. Selain itu, pagar-pagar  di sepanjang jalan pun tidak luput dari perhatian. Semuanya serba merah-putih.

Tak lupa juga, dari kalangan pemerintahan daerah, upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih tetap dilaksanakan secara langsung dengan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (pakai masker, jaga jarak, cuci tangan). 

Pemerintah juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan untuk tingkat pelajar hingga tingkat umum. Adapun untuk tingkat pelajar: tingkat Paud/TK dibuat lomba mewarnai, Sekolah Dasar (SD) lomba melukis dan pembacaan ayat pendek, dan pantun tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sedangkan untuk tingkat umum ada tiga bentuk kategori lomba, yaitu Lomba Cita Rasa Kopi Mandailing yang akan mempertontonkan kelihaian dan kemampuan Barista Kopi yang ada di Kabupaten Mandialing Natal, lomba Vlog dengan tema “Inovasi dan Kreativitas Kebersihan Lingkungan” dan lomba kebersihan kantor dinas masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Semua perlombaan dilaksanakan secara daring dengan menerapkan protokol kesehatan. Perlombaan itu diadakan mulai tertanggal 7 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2021. Pemenang dari setiap lomba mendapatkan hadiah berupa Uang Pembinaan dan Piagam Penghargaan. Begitulah bagaimana kampungku memaknai dan menyemarakkan hari bersejarah ini, tak pernah lekang dan pudar.

Maka dari itu, dengan semangat momentum kemerdekaan, sudah seyogyanya kita saling bergandengan tangan dalam kebersamaan untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Bersama-sama dalam mengakhiri dan melawan virus Covid-19. Tentunya dengan selalu meningkatkan kesadaran masing-masing untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah, agar keadaan kembali normal sehingga di 17 Agustus tahun depan kita bisa merayakan hari kemerdakaan seperti biasanya (sebelum adanya Covid-19), langsung turun ke lapangan.

Selamat hari kemerdekaan yang ke-76 negeriku, tempat lahirku, jayalah selalu. Merdeka!

***

*) Oleh: Muhammad Saukani, Mahasiswa Studi Tarjamah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Ketua HM Madina Jakarta.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Lantamal IX Ambon Terus Sasar Vaksinasi Masyarakat Baguala 
    Lantamal IX Ambon Terus Sasar Vaksinasi Masyarakat Baguala 
    20/09/2021 - 14:21
  • Akademisi Unej: Reaktivasi BRK adalah Langkah yang Tepat 
    Akademisi Unej: Reaktivasi BRK adalah Langkah yang Tepat 
    20/09/2021 - 14:16
  • Kota Pagaralam Terbangkan 27 Ton Buah Pinang ke Iran
    Kota Pagaralam Terbangkan 27 Ton Buah Pinang ke Iran
    20/09/2021 - 14:05
  • PBB Ingatkan Ancaman Pemanasan Global 
    PBB Ingatkan Ancaman Pemanasan Global 
    20/09/2021 - 14:02
  • Sidang Kasus Kekerasan kepada Jurnalis Tempo Digelar Rabu Ini
    Sidang Kasus Kekerasan kepada Jurnalis Tempo Digelar Rabu Ini
    20/09/2021 - 13:59

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    Pengakaran Kembali Pancasila di Masyarakat
    20/09/2021 - 13:25
  • Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    Sinergi Pelaku Pengadaan Publik Berkelanjutan Pasca Covid-19
    19/09/2021 - 16:30
  • Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    Mengenal Gagal Jantung, Sebuah Kondisi Akhir dari Penyakit Jantung
    18/09/2021 - 15:35
  • Perpres Pendanaan Pesantren dan Alat Intelijen
    Perpres Pendanaan Pesantren dan Alat Intelijen
    18/09/2021 - 14:05
  • Aksi Masifikasi Karitas Sosial
    Aksi Masifikasi Karitas Sosial
    18/09/2021 - 13:00
  • Iklan Ketua Partai Politik Di Tengah Pandemi
    Iklan Ketua Partai Politik Di Tengah Pandemi
    18/09/2021 - 12:22
  • Nasib Ilmu Pengetahuan: Dijual Penerbit Komersial, Diselamatkan Sci-Hub
    Nasib Ilmu Pengetahuan: Dijual Penerbit Komersial, Diselamatkan Sci-Hub
    17/09/2021 - 17:28
  • Membangun Sepakbola dan Ekonomi ala Gubernur Anies Baswedan
    Membangun Sepakbola dan Ekonomi ala Gubernur Anies Baswedan
    17/09/2021 - 16:25

KULINER

  • Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    Berburu Lezat Gurih Es Kopi Susu Tetangga di Toko Kopi Tuku Surabaya
    20/09/2021 - 05:30
  • Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    Unik, Ada Bakso Berbentuk Rantai di Sidoarjo
    20/09/2021 - 01:25
  • 154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    154 Tempat Wisata di Jatim Sudah Buka, Perhatikan Hal Ini
    19/09/2021 - 14:50
  • Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    Kopi Degan, Sensasi Dua Rasa
    18/09/2021 - 15:11
  • Lezatnya Laksa Khas Cibinong ala Rumah Makan Omah Oong Ciriung
    Lezatnya Laksa Khas Cibinong ala Rumah Makan Omah Oong Ciriung
    15/09/2021 - 15:16