Gaya Hidup

Bukan Sekadar Tanaman Hias, Ini Manfaat Menakjubkan Kaktus

Senin, 23 Agustus 2021 - 06:21 | 111.34k
ILUSTRASI - Kaktus. (FOTO: Sutterstock)
ILUSTRASI - Kaktus. (FOTO: Sutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanaman kaktus sering dijadikan pilihan untuk menghiasi ruangan karena mudah merawatnya. Identik dengan kondisi gersang dan iklim tropis, tanaman yang mampu menahan volume air ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit.

Kaktus memang masih jarang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Namun, Anda tak perlu khawatir akan khasiatnta. Seperti dilansir dari Vemale, berikut manfaat kaktus untuk kesehatan kulit.

1. Mencegah Penuaan Dini

Berkat kandungan anti-oksidannya yang berlimpah, kaktus mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Kaktus juga kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Tak hanya itu saja, tanaman berduri ini juga kaya akan kandungan vitamin K yang dapat membantu mencerahkan area gelap bawah mata dan spider veins.

2. Mengikat Cairan pada Kulit

Berkat kemampuannya menyimpan volume air, tanaman berduri yang satu ini secara efektif dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Saat digunakan pada skin care, kaktus bahkan dapat mencegah evaporasi pada epidermis sekaligus bertindak sebagai pelembap.

3. Anti-Inflamasi

Kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada wajah seringkali menyebabkan terjadinya dampak buruk. Penggunaan skin care dengan kandungan kaktus dapat mencegah peradangan pada kulit berkat kandungan flavonoid (jenis senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi) yang dikandungnya. Selain itu, kaktus memiliki analgesic properties, sebuah kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit. Tak heran jika banyak yang mengandalkan tanaman ini sebagai obat untuk mengatasi luka pada kulit dan masalah luka dalam lainnya.

4. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas seperti yang berasal dari radiasi sinar UV, polusi udara, hingga asap rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel dan jaringan kulit. Molekul dari radikal bebas dapat dilawan menggunakan anti-oksidan. Inilah manfaat kaktus yang dapat kamu rasakan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan betalain pada kaktus dapat melenyapkan radikal bebas pada tubuh. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

5. Memperbaiki Sel Kulit yang Rusak

Berkat kandungan anti-oksidannya yang sangat tinggi, regenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar. Kemerahan dan hiper pigmentasi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan skin care yang mengandung kaktus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES