Peristiwa Nasional

PW Fatayat NU DIY Inisiasi Pemilihan Duta Santri Nasional 2021

Minggu, 22 Agustus 2021 - 20:44 | 181.81k
Pemilihan Duta Santri Nasional 2021. (Grafis: PW Fatayat NU DIY for TIMES Indonesia)
Pemilihan Duta Santri Nasional 2021. (Grafis: PW Fatayat NU DIY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – PW Fatayat NU DIY menginisiasi Pemilihan Duta Santri Nasional 2021. Even ini muncul untuk mengangkat pendidikan di pesantren yang mengendepankan nilai nasionalisme dan Islam Rahmatan lil ‘Alamin sebagai representasi kehidupan keislaman di bumi Nusantara.

“Santri sebagai pewaris perjuangan ulama harus bertransformasi ke banyak dunia, banyak komunitas, dan memiliki jaringan yang luas. Santri juga harus memiliki berbagai kompetensi, bukan hanya bidang lahiriah, fisik atau jasmaniah saja melainkan kompeten di bidang spiritual, keilmuan, profesionalisme, karakter yang unggul dan sebagainya,” kata Ketua PW Fatayat NU DIY, Khotimatul Husna kepada TIMES Indonesia, Minggu (22/8/2021).

Ia menambahkan santri harus dibimbing dan diberi wadah agar mereka memiliki kemampuan global. Sehingga, hal ini dapat menempati posisi yang strategis dalam kegiatan kegiatan sosial, politik, kebangsaan dan sebagainya. Nah, even Pemilihan Duta Santri Nasional yang kini menjadi event akbar 2 tahunan sejak 2016 silam ini sebagai ajang ujung kemampuan para santri dan santriwati di tanah air.

“Pada tahun 2021 ini, Pemilihan Duta Santri Nasional merupakan event yang ke-3. Pemilihan Duta Santri Nasional ini diharapkan akan menjadi salah satu ikhtiar agar santri dapat mengembangkan dirinya ke dalam bidang bidang yang selama ini tidak menjadi bidang garapan pesanren secara langsung,” terang Khotim, sapaan akrab Khotimatul Husna ini.

Selain Pemilihan Duta Santri Nasional, pada waktu yang bersamaan PW Fatayat NU DIY juga menyelenggarakan kegiatan Halal Fashion Show 2021. Halal Fashion Show dititik beratkan pada branding mode busana muslim yang merepresentasikan Islam Indonesia bukan mode busana ke barat-baratan maupun mode busana Timur Tengah yang sekarang marak di masyarakat.

Halal Fashion show mengusung tema sustainable fashion demi keberlanjutan hayati dan kelestarian alam. Tujuan utama program ini adalah branding mode yang merupakan  representasi Islam Rahmatan lil ‘Alamin yang berasal dari jati diri bangsa Indonesia sekaligus program tindak lanjut dari pelatihan pelatihan yang telah diselenggarakan di BLK Komunitas milik PW Fatayat NU DIY.

“Kegiatan seperti ini lebih memberikan ruang bagi santri dalam berkreasi, berinovasi, tetap optimis dan produktif meski di era pandemi seperti sekarang ini. Secara lebih rinci, tujuan dari program Pemilihan Duta Santri & Halal Fashion Show ini adalah memunculkan generasi-generasi unggul dari pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam sejenisnya dalam mempromosikan Lembaga Pendidikan pesantren beserta santrinya yang menjunjung tinggi nilai nilai nasionalisme untuk menangkal tindakan radikalisme,” papar perempuan asal Bojonegoro ini.

Selain itu, pihaknya akan memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap santriwan/santriwati yang berprestasi untuk mencari role model kaum muda NU dengan kapasitas pemahaman agama, kebangsaan dan aswaja yang mumpuni sebagai wadah untuk menjalin tali silaturahmi pesantren dan Lembaga Pendidikan Islam di seluruh Indonesia.

Tentunya, hal ini dibarengi dengan cara membranding produk halal fashion kepada masyarakat Indonesia serta dunia dalam mendorong industri fashion yang peduli terhadap lingkungan. Juga, meningkatkan kemandirian ekonomi di kalangan designer pemula dalam hal ini kader-kader Fatayat NU.

Dari audiensi Virtual ini, PW Fatayat NU DIY berharap kepada segenap jajaran untuk memberikan support, masukan, dukungan baik moril maupun materiil agar pelaksanaan program dapat berjalan dengan lancar, sukses serta membawa keberkahan bagi NU, bagi masyarakat secara luas, juga bagi Indonesia dan dunia.

Adapun tahapan kegiatan ini dimulai dari tahap seleksi pada 26 Agustus 2021 hingga 1 September 2021. Kemudian, ada masa karantina dimulai pada 17 Oktober 2021 hingga 23 Oktober 2021.

“Untuk Semi Final pada 21 Oktober 2021 dan puncak Grand Final pada 23 Oktober 2021,” terang Khotim.

Nah, materi karantina Pemilihan Duta Santri Nasional 2021 adalah membangun jiwa santri yang nasionalis, mengembangkan karakter humanis, dan Manhaj Fikr metodologi NU. Kemudian, ada pula materi tentang sejarah pesantren dalam membangun bangsa, public speaking, digitalisasi media, koreografi, konsep inner beauty dan pemberdayaan perempuan, entrepreneurship dan sosiopreneurship. Kegiatan ini didukung Media Online Berjaringan No.1 di Indonesia yaitu TIMES Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES