Wisata

Hutan Pandan Purba, Hutan Indah yang Jarang Dilewati Pendaki  

Senin, 23 Agustus 2021 - 04:57 | 112.00k
Hutan Pandan di pinggang Gunung Dempo, yang hingga kini masih tetap terjaga secara baik kelestariannya. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Hutan Pandan di pinggang Gunung Dempo, yang hingga kini masih tetap terjaga secara baik kelestariannya. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Pesona keindahan Gunung Dempo, seakan tak pernah ada habisnya. Tak hanya panorama alam dengan hamparan kebuh teh, yang terbentang luas dan memanjakan mata. Ada satu lagi yang tidak kalah indah, ialah Hutan Pandan Purba yang tingginya melebihi manusia.

Hutan Panda Purba yang berada di kawasan Hutan Lindung (Hutlin), terletak di ketinggian kurang lebih 1.700 Mdpl, yang dapat ditempuh dari titik awal pendakian ke Tim Dempo, melalui jalur pendakian Kampung IV. 

”Hutan Pandan ini masuk di kawasan Hutlin, memang masih sangat jarang dikunjungi manusia apalagi daerah hutan Pandan Purba ini bukan merupakan jalur para pendaki yang akan menuju Puncak Dempo sehingga Hutan Panda Purba ini masih perawan,” Ungap Devi Salah satu warga, Minggu (22/8/2021)

“Lokasi keberadaan Hutan Pandan ini, masih sangat jarang dikunjungi oleh manusi karena letaknya yang bukan merupakan jalur para pendaki, tetapi bukan tak pernah dilewati atau dikunjungi, malainkan masih sangat terbatas,” ujarnya seraya mengatakan Kami ber 4 sengaja kesinikarena cerita masyarakat dari mulut kemulut adanya hutan Pandan Purba di Pinggang Gunung Dempo.

Menurut Devi, bila dilihat dengan seksama, lokasi Hutan Pandan yang dipenuhi dengan tumbuhan pandan raksasa, yang berkuran tinggi sekira 4 hingga 8 meter itu, masih sangat alami dan terjaga kelestariannya. selian itu jalannya masih sangat curam, meskipun terlihat ada bekas jalan lama peninggalan Belanda yang memang dulunya mengelola Perkebunan Teh Gunung Dempo.

“Suasana alam di Hutan Pandan Purba, masih sangat terjaga keasriannya. Dan dari penuturan warga sekitar yang sempat kami temui  berharap, jika kedepannya bisa dibuka untuk jalur pendakian umum atau camp area, agar para pendaki atau pengunjung bis amenikmati Hutan Purba ini," bebernya seraya mengatakan tapi harus tetap  menjaga  peraturan yang ada, sehingga habitat atau kawasan Hutan Pandan Purba  tetap terjaga dengan baik keindahan dan keasriannya.

Sementara itu salah satu Ofrodaer Pagaralam Ade yang pernah kelokasi Hutan Pandan Purba tersebut mengatakan, Tim Ofroder Pagaralam sempat melewati hutan Pandan yang tingginya melebhi tinggi manusia dan tidak seperti pandan-pandan sekarang yang ditemui di kebun-kebun warga Pagaralam.

“Kita ditemani warga setempat ketiak melewati hutan Pandan Purba, warga yang ada sempat bercerita di daerah ini dulunya merupakan jalan lama Belanda ke kebun Teh dan kabarnya cerita turun temurun di daearah ini ada mobil jeep jaman belanda yang masuk kejurang dan tidak pernah diambil. Adalah lagi cerita warga adanya bangkai pesawat peninggalan zaman perang dunia ke dua," terang Ade seraya mengatakan semuanya hanya cerita belum ada pembuktian. (*)    

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES