Gaya Hidup

Tips Aman Menggunakan Earphone

Minggu, 22 Agustus 2021 - 06:36 | 91.33k
ILUSTRASI - Menggunakan Earphone. (FOTO: Alodokter)
ILUSTRASI - Menggunakan Earphone. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTAEarphone kerap menjadi pilihan saat perjalanan jauh untuk mendengarkan musik atau bertelepon. Meski bermanfaat mengusir rasa bosan, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, penggunaannya bisa menyebabkan gangguan, bahkan kehilangan pendengaran. Benarkah?

Sebetulnya earphone tidak secara langsung dapat menimbulkan risiko kesehatan. Namun, risiko ada pada volume dan lamanya waktu yang Anda habiskan untuk mendengarkan lagu, podcast (rangkaian program audio episodik digital), atau buku audio.

Agar tidak terlalu berisiko, berikut kiat aman menggunakan earphone, dilansir dari Klik Dokter.

1. Lakukan Trik 60/60

Ketika menggunakan earphone, jangan mendengarkan musik lebih dari 60 menit per hari, dan 60 persen dari volume maksimal. Kekuatan suara lebih dari 85 dB (setara dengan suara buldoser) dapat memengaruhi pendengaran.

2. Hindari Mendengarkan Musik dengan Earphone Sampai Ketiduran

Saat tertidur, telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone, apalagi kondisi koklea (rumah siput) cukup sensitif terhadap gelombang suara.

Faktanya, saat mendengarkan musik semalaman hingga tertidur, telinga sudah tak lagi mendengarkan. Selain itu, ada dugaan bahwa mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone membuat otak jadi kurang beristirahat. Selain itu, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone juga diduga dapat merusak sel-sel pada otak.

3. Lebih Baik Beralih ke Headphone

Sebetulnya baik earphone maupun headphone, jika standar kualitsnya bagus maka kualitas suara yang dihasilkan pun akan baik. Meski demikian, earphone tidak dapat memblokir suara eksternal sebagus headphone.

Oleh karena itu, untuk memblokir suara bising dari luar, pengguna earphone biasanya secara otomatis akan meningkatkan volume. Nah, dengan kemampuannya dalam memblokir suara dari luar, Anda dapat mendengarkan musik dengan jelas meski pada volume rendah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES