Peristiwa Daerah

KAN Luncurkan Layanan Digital KANIA: Permudah Masyarakat Mendapatkan Pelayanan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 20:07 | 23.79k
Ketua KAN yang juga Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad. (FOTO: Humas BSN for TIMES Indonesia)
Ketua KAN yang juga Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad. (FOTO: Humas BSN for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Saat ini transformasi digital menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dielakkan lagi. Untuk itulah, kita harus dapat memanfaatkan artificial intelligent (AI). Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN adalah Layanan Digital KANIA.

Ketua KAN yang juga Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad mengatakan Layanan Digital KANIA merupakan suatu sistem layanan digital dengan memanfaatkan AI untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

Hal ini sejalan dengan visi Bapak Presiden Joko Widodo saat melaunching Online Single Submission (OSS) beberapa waktu lalu terkait kemudahan perijinan berusaha, dengan target, dari mudah menjadi sangat mudah.

“Saat pemerintah menerbitkan Undang-Undang Cipta Kerja yang pada intinya adalah kemudahan perijinan berusaha berbasis risiko maka diberikan dulu ijinnya baru kemudian dicek atau trust but verify," kata Kukuh di Jakarta melalui siaran pers kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/8/2021)

Dalam proses verifikasi, setelah kita memberikan kepercayaan kepada pelaku usaha, disitulah kemudian kita memerlukan akreditasi, sertifikasi, pengujian di laboratorium, inspeksi, audit, dan lain sebagainya  yang semuanya menjadi tanggung jawab KAN untuk memastikan kompetensi lembaga-lembaga yang terlibat.

Oleh karenanya, KAN juga ingin memberikan kontribusi terhadap apa yang menjadi visi Presiden tersebut melalui layanan Digital KANIA.

Layanan Digital KANIA, juga akan mendekatkan diri kepada customer. Ketika berkomunikasi, tentunya kita tidak ingin ada halangan. Oleh karenanya, melalui KANIA, customer dibantu dengan digital assistant menggunakan AI. Jadi seakan-akan seperti berkomunikasi dengan staf.

KANIA disematkan dalam platform yang populer di masyarakat yang dapat diakses 24 jam 7 hari seminggu, dimanapun dan kapanpun dapat mengakses informasi. Misal, Whatsapp (WA), FB Messenger, Line, dan telegram.  Sehingga masyarakat sudah akrab dengan fitur-fitur tersebut.

"Masyarakat tidak perlu download aplikasi, hanya aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan saja. Jika menggunakan Whatsapp, bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor yang sudah ditentukan yakni 08175180821. Sangat praktis, dan siapapun bisa pakai," ungkap Kukuh. 

Dia menambahkan kelebihan Layanan Digital KANIA sendiri adalah aplikasi menggunakan AI sehingga AI bisa memfilter dan mengolah pertanyaan-pertanyaan yang ada di masyarakat dan memberikan jawaban yang dibutuhkan oleh masyarakat, selalu online 24 jam setiap hari; menggunakan platform yang “user friendly” yang pada akhirnya menjadikan pelanggan semakin puas dengan layanan KAN.

Ke depan, Kukuh berharap Layanan Digital KANIA bisa terintegrasi dengan KAN Management Information System (KANMIS) sehingga semua layanan akreditasi yang diberikan oleh KAN bisa menjadi “service in the pocket". (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES