Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa Unisma Malang Wujudkan Ecogreen Desa Wisata Kolam Renang Pentungan Sari

Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:21 | 107.58k
Merawat dan memberikan pupuk tanaman sekitar Desa Wisata Kolam Renang Pentungan Sari guna mendukung Desa Wisata Ecogreen.
Merawat dan memberikan pupuk tanaman sekitar Desa Wisata Kolam Renang Pentungan Sari guna mendukung Desa Wisata Ecogreen.
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik  kelompok 102 Mahasiswa Unisma Malang menggebrak kreativitas perdananya melalui pegembangan potensi Desa Wisata Kolam Renang Pentungan Sari di Toyomarto Singosari Kabupaten Malang. 

Wisata lokal  ini sangat mendukung kegiatan New Normal yang aktivitas masyarakat cenderung limited movement (aktivitas dibatasi). Dengan pengembangan wisata ini diharapkan mampu menyediakan wisata lokal tetapi yang mendukung masalah lingkungan hijau dan bersih sebagai penyedia sumber oksigen masyarakat.  

Kegiatan KSM ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat dan yang diharapkan dalam kegiatan ini untuk melahirkan pribadi yang tangguh bagi mahasiswa, serta dapat membantu masyarakat sekitar. 

Selain itu juga untuk mendukung desa wisata Kolam Renang Pentungan Sari maka mahasiswa Universitas Islam Malang berbagai upaya perbaikan. 

Tahap pertama adalah memperbaiki kelembagaan desa wisata yang ada. Regenerasi kelembagaan agar generasi muda terlibat dalam pengelolaan Desa Wisata tersebut sangat diperlukan dalam optimalisasi pengembangan desa wisata di Toyomarto, Singosari, Malang.  

Tak hanya itu, mahasiswa Unisma juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya, seperti pemasangan petunjuk arah yang representatif, poster imbauan tentang kebersihan lingkungan serta merealisasikan taman yang nyaman dan merawat/memberikan pupuk pada tanaman disekitar guna mendukung Desa Wisata Ecogreen dan memperkenalkan wisata Pentungan Sari ini melalui media sosial sebagai bentuk publikasi dan promosi agar lebih dikenal masyarakat. 

Mahasiswa Unisma Malang juga secara rutin berdiskusi dengan generasi muda masyarakat agar memiliki sense of belonging dalam merawat Desa Wisata. Kelompok ini didampingi oleh Dosen Pembimbing Dr. Ir. Mudawamah, M.Si. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: M. Rizqi Hamdilah, Juliadi Azhar Kurniawan, M. Riky Adi Santoso, M. Faisal Armada dan Mudawamah, KSM Tematik Kelompok 102 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES