Kesehatan

PKK Jawa Barat dan Tropicana Slim Ajak Masyarakat Cegah Diabetes

Kamis, 19 Agustus 2021 - 20:10 | 54.02k
Zoom meeting road to World Diabetes Day. (FOTO: Tangkapan layar zoom meeting)
Zoom meeting road to World Diabetes Day. (FOTO: Tangkapan layar zoom meeting)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Di masa Pandemi Covid-19 ini, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Barat dan Tropicana Slim mengajak masyarakat hidup sehat. Bukan hanya fokus pencegahan terhadap Covid-19 saja, melainkan juga tetap sehat mencegah Diabetes.

Hal tersebut disampaikan dalam zoom meeting sebagai rangkaian kegiatan road to World Diabetes Day, Kamis (19/8/2021). Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya, membuka zoom meeting tersebut.

Menurutnya, diabetes saat ini masih menjadi momok yang perlu dilawan dan dicegah secara serius oleh masyarakat. Bukan hanya jumlahnya yang semakin tinggi di Indonesia, usia penderita diabetes khususnya diabetes tipe 2, juga sudah semakin muda dalam beberapa tahun terakhir.

"Berdasarkan data Riskesdas 2013, 90 persen dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa, namun beberapa tahun terakhir makin banyak ditemukan pada usia dewasa muda di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja," jelasnya.

Hal ini, lanjutnya, dikarenakan kurangnya pengetahuan yang tepat terkait pencegahan diabetes di keluarga. Ditambah lagi, anak-anak yang suka jajan makanan yang kurang sehat dan tinggi gula, serta kurang aktivitas fisik.

"Sehingga, mengakibatkan anak berpotensi memiliki berat badan berlebih atau obesitas yang membuat mereka makin beresiko menderita diabetes," ujarnya.

Sementara menurut Manager Nutrifood Research Center, Felicia Kertawidjaja, perlunya edukasi terkait diabetes sejak dini sangat penting di keluarga, baik kepada ayah, ibu, maupun anak. Tujuannya agar seluruh anggota keluarga Indonesia bisa sadar dan tahu cara yang tepat mencegah dan melawan diabetes.

"Karena jika tidak ditangani dengan baik, menurut World Health Organization (WHO), angka kejadian diabetes diprediksi akan melonjak hingga 21,3 juta jiwa pada 2040," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dukungan seluruh keluarga sangat diperlukan bagi anggota keluarga yang sudah menyandang diabetes. Contohnya seperti mengantarkan berobat, mengingatkan untuk selalu minum obat dan menyediakan makanan sehat.

Sehingga, tambahnya, kadar gula darah dapat terkontrol baik dan penderita diabetes dapat terhindar dari komplikasi-komplikasi yang mengancam nyawa, maupun menurunkan kualitas hidup.

"Karena itu, Tropicana Slim konsisten mengajak keluarga Indonesia cegah diabetes sejak dini melalui cek gula darah secara berkala, aktif bergerak, menjaga pola makan serta edukasi batasi asupan gula," tuturnya.

Dalam sesi zoom meeting tersebut, hadir pula dr. Siska Gerfianti, M.H.Kes., Sp.DLP yang juga menjabat sebagai Ketua Pokja IV PKK Jawa Barat, serta Annice Manthovani sebagai Brand Associate Tropicana Slim. Sebanyak 353 peserta perwakilan PKK Jawa Barat dari 27 kota/kab hadir di acara pembukan Road To World Diabetes Day Jawa Barat. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES