News Commerce

Ini Syarat Utama Bepergian ke Bali Selama PPKM

Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:52 | 90.00k
ILUSTRASI - Bepergian. (FOTO: shutterstock)
ILUSTRASI - Bepergian. (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM resmi diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Adapun untuk area Jawa-Bali, level PPKM yang berlaku adalah level 4. Kondisi ini berbeda dibandingkan area di luar Jawa dan Bali dengan PPKM level 3. 

Mempertimbangkan keadaan saat ini bagi Anda yang ingin bepergian ke Bali, sebaiknya memperhatikan syarat penerbangan ke Bali yang terbaru. Berikut ini adalah persyaratan penerbangan yang harus Anda ketahui.

1. Sertifikat Vaksin

Anda harus divaksin terlebih dahulu sebelum bepergian, minimal vaksin pertama. Setelah menerima vaksin, Anda akan menerima surat keterangan. Anda bisa menggunakan ini, atau menggunakan kartu vaksin dari situs PeduliLindungi. 

Caranya, buka situs PeduliLindungi setelah Anda menerima vaksin. Daftar terlebih dahulu kalau Anda belum memiliki akun, bagi yang sudah pernah membuat akun bisa langsung login. Anda akan diarahkan ke halaman yang meminta data-data Anda. Adapun data yang diminta adalah nama lengkap, nomor KTP, tanggal lahir, tanggal vaksin, dan jenis vaksin yang diterima. 

Jika semua data sudah diisi lengkap, Anda bisa langsung cek sertifikat vaksin. Sertifikat ini bisa Anda unduh untuk kebutuhan nantinya. Pada sertifikat vaksin ini ada QR code yang akan di scan sesuai keperluan, salah satunya untuk penerbangan. 

Bagi Anda yang baru mendapatkan vaksin pertama dan harus tinggal di Bali hingga jadwal vaksin selanjutnya. Anda bisa mendaftar ke rumah sakit atau pusat kesehatan setempat untuk menerima vaksin kedua. Cukup membawa sertifikat atau surat vaksin pertama. 

2. RT-PCR

Tes kesehatan yang berlaku sebagai persyaratan perjalanan pun ikut diperketat. Jika dulu Anda cukup melakukan RT antigen untuk ke mana-mana, sekarang Anda harus melakukan RT PCR. Tes ini harus dilakukan tidak lebih dari 2X24 jam sebelum penerbangan. Pastinya Anda baru bisa berangkat kalau hasil tes adalah negatif. 

Penerbangan Anda sebenarnya bisa lebih praktis kalau menggunakan aplikasi atau situs perjalanan, seperti Traveloka. Pasalnya di Traveloka tersedia juga penawaran khusus untuk PCR. Jadi Anda bisa membeli tiket sekaligus book jadwal PCR. 

Traveloka Lifestyle SuperApp ini juga menyediakan asuransi perjalanan gratis. Dimana asuransi ini menjamin perawatan Anda jika tertular COVID 19 saat dalam perjalanan. Adanya semua kebutuhan perjalanan dalam satu aplikasi ini membuat perjalanan Anda jadi lebih mudah direncanakan. 

3. Batas Usia

Pihak penerbangan saat ini membatasi penumpang berusia di bawah 12 tahun. Hal ini dikarenakan anak-anak di bawah 12 tahun belum mendapatkan vaksin Covid-19. Jadi untuk melindungi mereka, ada pembatasan jumlah penumpang anak-anak. 

Namun dalam rangka keselamatan bersama, sebaiknya Anda tidak membawa anak-anak untuk bepergian jarak jauh. Selain untuk melindungi mereka dari tertular penyakit, langkah ini juga untuk menjaga kenyamanan penumpang lain yang sudah menerima vaksin. 
Ketentuan Selama di Pesawat

Selain syarat-syarat sebelum penerbangan di atas, ada pula beberapa hal yang harus diperhatikan selama dalam penerbangan. Kalau perlu, Anda bisa mencatat daftar ini. 

●    Selalu gunakan masker selama dalam bandara dan pesawat. Adapun jenis masker yang bisa Anda gunakan adalah masker tiga lapis atau masker medis. 
●    Menjaga jarak antar penumpang. 
●    Menghindari kerumunan dengan mengikuti instruksi dari pihak maskapai saat boarding dan turun dari pesawat. 
●    Anda tidak diperkenankan makan dan minum untuk penerbangan dengan durasi kurang dari dua jam. Pengecualian berlaku kalau Anda harus mengonsumsi obat. Jadi komunikasikan dengan pihak penerbangan kalau Anda memiliki kondisi medis khusus.  
●    Selama penerbangan, Anda tidak diperkenankan untuk berbicara satu sama lain. Anda pun tidak bisa berbicara lewat telepon. Hal ini untuk memastikan bahwa mulut dan hidung Anda selalu dalam keadaan terlindungi masker.

Pastikan Anda selalu mematuhi aturan ini selama dalam penerbangan. Pada masa ini, semua pihak memang harus bekerjasama untuk mencegah penularan. 

Pembatasan Pengunjung ke Bali 

Selain semua prosedur penerbangan di atas, pastikan juga Anda membawa dokumen atau surat yang menyatakan bahwa pekerjaan Anda memang penting. Anda bisa minta dibuatkan surat ini oleh bagian personalia di kantor. 

Bahkan selama di Bali nanti, Anda harus membawa dokumen ini terus. Tujuannya, jika sewaktu-waktu Anda bertemu dengan petugas PPKM, Anda memiliki bukti tertulis untuk ditunjukan. Hal ini akan membantu Anda bebas bergerak di Bali. 

Saat ini orang yang diperbolehkan untuk melakukan penerbangan dan masuk ke Bali adalah para pekerja di sektor esensial yang menjalankan tugas di Bali. Kemudian orang yang harus ke Bali juga ada keperluan darurat. Contoh dari kondisi darurat yang dimaksud adalah sakit dan harus melakukan penerbangan ke Bali. 

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu download dan instal aplikasi eHAC serta PeduliLindungi. Adapun aplikasi eHAC bertujuan untuk mengawasi orang yang datang dari luar Bali. 

Kemudian PeduliLindungi berfungsi untuk tracing atau melacak pergerakan orang mengidap COVID. Teknologi ini memudahkan petugas dalam menemukan orang baru yang terinfeksi. Selain itu dengan adanya aplikasi PeduliLindungi, kamu bisa mengetahui apakah kamu berada di zona merah atau di zona yang lebih aman. 

Semua persyaratan penerbangan Anda akan diperiksa saat di bandara keberangkatan dan ketika tiba di bandara I Gusti Ngurah Rai. Jadi pastikan semua dokumen penting seperti sertifikat vaksin dan hasil tes PCR ada di tempat yang mudah dijangkau. 

Adapun untuk penumpang dari penerbangan luar negeri, mereka harus melakukan tes PCR lagi. Selain itu, mereka harus menjalani karantina minimal 5 hari. 

Update terus persyaratan untuk bisa masuk ke Bali. Kalau ingin perjalanan jadi lebih mudah, Anda harus mencoba Traveloka Lifestyle SuperApp. Dengan satu platform ini, Anda bisa beli tiket pesawat, pesan kamar hotel atau apartemen, book tes PCR, sekaligus bisa cek tempat-tempat wisata menarik di Bali, termasuk saat PPKM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES