Gaya Hidup

Mengapa Berada di Ruangan AC Bikin Sering Mengantuk?

Kamis, 19 Agustus 2021 - 04:16 | 71.38k
Ilustrasi - istirahat dalam ruangan ber AC (FOTO: klikdokter)
Ilustrasi - istirahat dalam ruangan ber AC (FOTO: klikdokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTASering mengantuk saat berada di ruangan ber-AC merupakan kondisi yang normal dan wajar terjadi. Penyebabnya adalah, ketika tubuh berada di ruangan ber-AC, maka secara otomatis metabolik tubuh akan menurun dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar.

Ketika metabolik dalam tubuh menurun, tubuh akan terasa lebih lemas dan mengantuk. Itulah alasan mengapa setiap malam Anda tertidur pulas jika tidur di kamar yang berpendingin. Selain karena nyaman, sistem di dalam otak juga akan mengatur tubuh Anda untuk beristirahat.

Namun, meski mengantuk ketika berada di ruangan ber-AC umumnya wajar, tetapi jika rasa kantuk berlebihan, ini bisa menjadi tanda ada yang salah dengan tubuh.

Sebagai contoh, orang yang sering mengalami kantuk berlebih ada kemungkinan mengalami kelelahan kronis.

Selain kelelahan kronis, mengantuk berlebihan juga bisa merupakan tanda kekurangan oksigen atau hipoksia. Biasanya, hipoksia lebih sering dialami oleh mereka yang sebagian besar aktivitasnya dihabiskan di dalam ruangan, bekerja di gedung tinggi, dan bekerja di suhu ruangan yang cukup dingin.

Apabila Anda sering mengantuk saat berada di ruangan ber-AC, akali dengan lebih aktif bergerak dan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Jika rasa kantuk yang dirasakan berlebihan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES