Entertainment

Shahrbanoo Sadat: Saya akan Buat Film Afghanistan-Taliban  

Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:46 | 75.37k
Sutradara kenamaan di Afghanistan, Shahrbanoo Sadat (foto: Dokumen/Ophname)
Sutradara kenamaan di Afghanistan, Shahrbanoo Sadat (foto: Dokumen/Ophname)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sutradara kenamaan di Afghanistan, Shahrbanoo Sadat berjanji jika dirinya selamat dari kepungan Taliban di negaranya. Dia ingin membuat film karya sejarah yang akan mengabadikan insiden perang hari ini.

Kepada The Hollywood Reporter dia menceritakan kondisi negaranya hari ini. Dia ingin keluar dari Afganistan dan membawa keluarga besar mengungsi keluar negeri. Menurut dia, dalam kondisi seperti ini, tidak ada cara lain kecuali mengamankan diri.

Sadat mengatakan, pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban terjadi begitu cepat dan mengejutkan ribuan penduduk. Hal ini membuat seluruh masyarakat setempat panik dan sibuk mencari pertolongan, termasuk dirinya.

“Jika saya selamat dari ini dan saya memiliki kesempatan untuk membuat lebih banyak film, karya saya akan berubah selamanya,” kata Shahrbanoo Sadat, Rabu (18/8/2021).

Sadat menambahkan, dirinya bagaikan sedang mengamati serta menonton ketidakadilan terhadap peristiwa yang berlangsung saat ini. Ia ingin menyimpan kilasan peristiwa di dalam memori dan memasukkannya ke dalam proyek film selanjutnya untuk dibagikan kepada dunia.

Dia menegaskan, penting bagi penduduk Afghanistan untuk mengetahui setidaknya sejarah 100 tahun terakhir karena tidak ada orang-orang di Afghanistan yang membaca buku.

“Anda dapat membuat film dan belajar dari masa lalu, dan kami dapat memahami posisi kami di Afghanistan serta negara lain yang terlibat di Afghanistan. Mengetahui sejarah adalah satu-satunya harapan kami untuk Afghanistan di masa depan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pada 2016, Sadat pernah memenangkan penghargaan Directors’ Fortnight di Festival Film Cannes untuk karyanya yang berjudul “Wolf and Sheep”. Tiga tahun kemudian, ia kembali di Cannes untuk film “The Orphanage”.

Karya-karya Sadat sebelumnya berfokus pada detail kehidupan sehari-hari penduduk Afghanistan yang tampak disengaja untuk mengalihkan lensa politik dan konflik yang terlalu akrab.

Namun, Shahrbanoo Sadat mengatakan saat ini dirinya telah "berpikir berbeda" dan ingin membuat film sejarah yang mendidik orang tentang bagaimana Afghanistan sampai ke masa sekarang dan peran yang dimainkan negara lain dalam membentuknya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES