Entertainment

Design QR Art HUT ke-6 TIMES Indonesia Karya Mr D

Selasa, 17 Agustus 2021 - 22:31 | 109.79k
QR Art karya Mr D yang bisa Anda scan di Smartphone tanpa harus mengunduh aplikasi. (Foto: Mr D for TIMES Indonesia)
QR Art karya Mr D yang bisa Anda scan di Smartphone tanpa harus mengunduh aplikasi. (Foto: Mr D for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – HUT ke-6 TIMES Indonesia kedatangan banyak inovasi. Mulai E Blok Limited Edition E-Koran TIMES Indonesia, hingga akses design Quick Response Art (QR Art) karya Mr D. Spesial untuk ultah TIMES Indonesia, yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Musisi pemilik nama lengkap Doddy Hernanto juga dikenal Mr D One Finger. Ia tidak kehabisan ide dalam hal pengembangan dunia seni dan digitalisasi.

Bahkan di tengah kesederhanaan perayaan HUT ke-6 TIMES Indonesia, Mr D menghadirkan karya kreatif QR Code dengan mengkombinasikan seni di dalamnya.

Ada beberapa design yang ditelorkan Mr D untuk HUT ke-6 TIMES Indonesia. QR Art yang dia bikin ada dua model. Pertama, model design statis yang dipoles hingga menjadi lebih artistik.

Kedua, QR Art yang ada di video. Video tersebut bergerak, ada sentuhan musiknya juga, tanpa distop, kode tersebut bisa Anda scan. Kemudian hasilnya akan secara otomatis terkoneksi ke dalam satu link website TIMES Indonesia.

Design-QR-Art-Karya-Mr-D-2.jpg

"Ini adalah kado untuk ulang tahun TIMES Indonesia," ujar Mr D, Selasa (17/8/2021) malam.

Awalnya, Mr D melakukan eksplorasi tentang Quick Response (QR) Art. Inovasi ini berangkat dari rasa bosan Mr D melihat QR Code yang statis. Gambar hitam putih yamg tidak menunjukkan nilai seni.

"Saya lihat kok gini-gini aja. Standard banget dan menurut saya itu sudah kuno. Kita perlu eksplorasi ke arah digital yang menarik, asyik, bernilai seni, dan terpenting adalah konten," ungkapnya.

Inovasi Mr D ini adalah sebuah bentuk evolusi dari kode batang yang awalnya satu dimensi menjadi dua dimensi. Dia mampu menggabungkan QR code dengan musik, sketsa, dan video atau animasi.

"Saya lakukan terobosan baru juga dengan menggabungkan seni analog dan digital. QR code Art dalam bentuk kotak hitam persegi dengan latar belakang warna putih. Kemudian saya desain dengan menambahkan karya fotografi, yang masih saya retouch sehingga foto pun bergerak. Tampak artistik," bebernya gamblang.

Design-QR-Art-Karya-Mr-D-3.jpg

Musisi yang bergerak di dunia sketsa dinamis yang memadukan antara karya seni dan teknologi ini mampu membuat QR Art sesuai permintaan klien.

"Namanya juga custom. Hasilnya tertentu dan eksklusif. Tidak sama dengan yang lain. Branding suatu perusahaan juga bisa naik kelas. Kan QR Code juga dibuat sistem pembayaran atau transaksi non tunai alias cash less," paparnya.

Dengan QR Kode Art, maka QR code yang biasa, tampak lebih indah, dinamis, bervariasi. Bahkan jika diterapkan dengan memasang foto atau sketsa wajah pribadi, maka QR Art terasa lebih personal.

Ini juga bisa diterapkan untuk berbagai kebutuhan dan tujuan. Misalnya untuk branding personal, branding perusahaan, dan lainnya. Meski mengusung tujuan masing-masing, QR Art tampak unik dan eye catching.

Mr Dtelah menelorkan sekitar 50-an karya QR Art. Salah satunya adalah persembahan HUT ke-76 Republik Indonesia dan HUT ke-6 TIMES Indonesia, media online berjejaring nomor 1 di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES