Kesehatan

Nafsu Makan Hilang karena Lidah Terasa Pahit, Yuk Atasi dengan Cara Ini

Rabu, 18 Agustus 2021 - 03:25 | 543.84k
Ilustrasi - tips mengembalikan nafsu makan karena lidah terasa pahit (Foto: Freepik)
Ilustrasi - tips mengembalikan nafsu makan karena lidah terasa pahit (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTALidah terasa pahit biasanya membuat nafsu makan seseorang berkurang. Makanan apapun akan terasa tidak enak saat kondisi lidah seperti ini. Masalah rasa pahit di lidah ini sendiri tidak hanya terjadi untuk orang yang sakit saja tapi juga bisa disebabkan oleh rokok, kebersihan mulut yang kurang terjaga, ataupun infeksi karena jamur.

Untuk mengatasi permasalahan lidah yang pahit ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut ulasannya, dilansir dari Tabloid Bintang.

1. Menyikat gigi dua kali sehari dengan cara yang benar

Anda dapat menyikat gigi dengan menggunakan campuran baking soda dan garam. Ternyata, campuran baking soda dan garam dapat menghilangkan plak pada gigi. Buat yang sakit asam lambung, pasta gigi juga dapat menetralisir asam lambung sehingga rasa pahit pada lidah akan hilang. Pasta gigi yang mengandung mint akan memberikan sensasi segar di mulut.

2. Mengonsumsi buah jeruk atau lemon

Anda dapat mengonsumsi jeruk ataupun lemon dengan cara dijus. Hal ini dapat menghilangkan rasa pahit karena buah tersebut dapat merangsang produksi air liur. Namun, jangan terlalu banyak karena konsumsi vitamin C yang berlebihan justru dapat menyebabkan lidah terasa pahit. Batas konsumsi vitamin C kita dalam sehari adalah 1.000 miligram. 

3. Memperbanyak minum air 

Meminum air juga merupakan cara untuk mengatasi rasa pahit di lidah. Air dapat meningkatkan produksi liur. Tidak hanya itu, ternyata air dapat mengencerkan lendir di hidung. Air juga dapat membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

4. Kumur dengan obat kumur

Cara satu ini merupakan yang paling mudah. Biasanya, orang yang sedang sakit menggunakan obat kumur untuk menghilangkan rasa pahit pada lidah.

5. Menjaga asupan makanan

Tak hanya menjaga kebersihan mulut, mengatasi masalah lidah pahit juga bisa dari makanan. Menjaga pola makan yang sehat akan membantu kita terhindar dari berbagai masalah pencernaan, termasuk asam lambung dan maag, yang dapat menjadi penyebab lidah terasa pahit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES