Kesehatan

Jus Tomat Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Apa Manfaatnya?

Rabu, 18 Agustus 2021 - 06:16 | 163.12k
Ilustrasi - Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh (Foto: Orami)
Ilustrasi - Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh (Foto: Orami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selama ini setelah olahraga kita terbiasa minum air putih untuk mengatasi rasa haus dan lelah. Namun ternyata ada minuman lain yang juga baik dikonsumsi usai berolahraga, khususnya olahraga intensitas berat. Jus tomat ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh jika diminum usai melakukan olahraga intensitas berat. Apa manfaat jus tomat?

Dilansir dari Very Well Fit, hasil penelitian klinis menunjukkan bahwa minum jus tomat sebelum berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan, dan berpotensi meningkatkan performa atlet.

Tomat dan jus tomat mengandung nutrisi super. Jenis sayuran ini diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan likopen. Makin merah warna tomat, makin pula kandungan likopen di dalamnya. Likopen diperlukan tubuh memerangi radikal bebas.

Dilansir dari Klik Dokter, warna merah tomat juga mencerminkan tingginya kandungan beta karoten. Keduanya memegang peranan kunci dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar likopen dan beta karoten yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari.

Likopen juga terbukti dapat meningkatkan performa atletik, sekaligus menaikkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Minum jus tomat sebelum berolahraga juga dikatakan dapat mengurangi kadar kimia berbahaya akibat dari stres oksidatif (kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat gerakan radikal bebas yang labil dan tak terkendali).

Olahraga yang intensitasnya tinggi dapat meningkatkan level oksigen (stres oksidatif) dan bahan kimia lainnya yang berpotensi merusak jaringan otot, sel, bahkan DNA. Antioksidan, khususnya likopen, telah terbukti dapat mengurangi peradangan akibat reaksi kimia secara signifikan.

Jika Anda malas berolahraga karena menghindari rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada otot pasca berolahraga, khususnya olahraga intensitas tinggi, jus tomat adalah solusinya. Manfaat jus tomat yang diminum sebelum berolahraga bisa membantu Anda mengurangi nyeri usai berolahraga berat. Jangan lupa juga untuk tetap memprioritaskan air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berolahraga supaya tidak dehidrasi dan kesehatan tubuh tetap terjaga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES