Kesehatan

5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Selasa, 17 Agustus 2021 - 06:42 | 58.34k
ILUSTRASI - Nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (FOTO: Pixabay)
ILUSTRASI - Nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (FOTO: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTANanas, selain memiliki rasa yang segar karena kandungan airnya ternyata juga memiliki manfaat lain. Kandungan vitamin, mineral,dan antioksidan pada buah tropis ini ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa penyakit. Seperti dilansir dari Medical News Today, nanas memiliki ima manfaau untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan di Filipina meneliti efek nanas pada anak usia sekolah dengan membagikan sekaleng nanas setiap hari. Mereka yang diberikan nanas menunjukkan lebih sedikit terkena infeksi virus dan bakteri daripada mereka yang tidak memakannya.

2. Pereda Nyeri

Nanas memiliki kandungan Bromelain, yaitu enzim yang membantu memecah dan mencerna protein. Bromelain dalam bentuk kapsul juga telah terbukti mengurangi pembengkakan, memar, waktu penyembuhan, dan nyeri setelah operasi. 

3. Melawan Kanker

Sebuah studi menemukan bahwa jus dari semua bagian buah nanas, yaitu inti, batang, dan daging dapat menekan pertumbuhan sel kanker ovarium dan usus besar. Menurut Departemen Nutrisi Kesehatan Masyarakat Harvard, beta-karoten yang terdapat dalam nanas juga berperan melawan kanker prostat.

4. Pelindung Kulit

Kandungan vitamin C dan betakaroten dalam nanas dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi. Selain itu, konsumsi nanas juga dapat mengurangi keriput serta memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen yang merupakan protein umum dalam tubuh.

5. Menjaga Mata

Sebuah studi menemukan bahwa makanan yang kaya vitamin C dapat membantu menjaga cairan di dalam mata. Nanas merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C sehingga dapat mengurangi risiko pembentukan katarak pada mata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES