Gaya Hidup

Cegukan Terus Menerus, Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:22 | 59.59k
ILUSTRASI - Cegukan tak kunjung berhenti. (FOTO: kelaspintar.id)
ILUSTRASI - Cegukan tak kunjung berhenti. (FOTO: kelaspintar.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Cegukan biasanya terjadi akibat kontraksi involunter otot diafragma tubuh. Namun ada juga cegukan yang diakibatkan oleh faktor-faktor penyebab lainnya. Cegukan yang tak kunjung berhenti tentu terasa menyebalkan.

Ada beragam cara yang biasanya ditempuh oleh orang yang cegukan, mulai dari minum air putih, menarik nafas dalam-dalam, hingga mengangkat kedua tangan. Lalu, bagaimana sesungguhnya cara yang tepat untuk menghentikan cegukan?

Dilansir dari Klik Dokter, menurut artikel yang dilansir dari situs NHS Choices, kasus-kasus cegukan yang berlangsung lama dapat diawali dengan penanganan di rumah. Beberapa strategi yang dapat diterapkan adalah meminum beberapa teguk air dingin, mengonsumsi satu sendok teh gula, mengonsumsi sedikit cuka, bersandar ke depan, atau memposisikan lutut agar mendekati dada.

Walaupun cara-cara di atas sering dilakukan oleh mereka yang pernah mengalami cegukan, namun sebagian pakar belum mengonfirmasi mengenai hal ini. Mereka menganggap belum ada uji klinis yang dilakukan untuk membuktikan efektivitas cara-cara yang biasa dilakukan untuk menghentikan cegukan tersebut.

Cegukan yang diduga timbul akibat penyakit lain yang mendasari, dapat ditangani dengan mengobati penyakit tersebut. Misalnya, seseorang yang mengalami cegukan yang diduga timbul berulang akibat gastroesophageal reflux disease (GERD), biasanya dokter akan menangani lebih dulu keluhan GERD yang dialami. Keluhan ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri ulu hati dan regurgitasi cairan lambung ke kerongkongan.

Bila tidak ditemukan adanya penyakit yang mendasari, dokter dapat meresepkan obat-obatan jenis tertentu untuk membantu mengatasi cegukan yang terjadi.

Apabila cegukan tetap berlangsung selama durasi waktu yang lama, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna dilakukan wawancara medis yang mendetail dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan kemungkinan penyebabnya.

Cegukan seringkali hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat dan tidak membutuhkan pengobatan. Akan tetapi, bila Anda mengalami cegukan yang berlangsung terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter secara langsung,  guna dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan penanganan yang paling tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES