Kesehatan

Atasi Diabetes dengan Buah Ceri

Minggu, 15 Agustus 2021 - 02:25 | 55.56k
ILUSTRASI - Buah Ceri. (FOTO: Orami)
ILUSTRASI - Buah Ceri. (FOTO: Orami)

TIMESINDONESIA, JAKARTADiabetes merupakan penyakit kronis yang menjadi momok bagi banyak orang. Agar tidak semakin parah, diabetes harus segera diobati. Seperti dilansir dari laman Klik Dokter, salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan dengan konsumsi buah ceri.

Buah ceri kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, A, potasium, fosfor, kalsium, magnesium, besi dan antioksidan. Karena itulah buah ini baik untuk menangkal peradangan dan berbagai penyakit berbahaya, salah satunya diabetes.

Buah ceri tergolong buah dengan indeks glikemik rendah, yang tidak membuat kadar gula darah meningkat atau menurun secara cepat. Sedangkan antosianin pada buah ceri juga dapat meningkatkan hormon insulin, sehingga kadar gula darah di dalam tubuh menjadi lebih terkontrol.

Sebuah studi dilakukan untuk menguji khasiat buah ceri pada penyakit diabetes. Di studi ini, tikus yang terkena diabetes diberi ekstrak buah ceri selama 30 hari. Hasilnya, tikus-tikus tersebut mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan.

Namun, meski buah ceri dapat membantu mengendalikan penyakit diabetes, bukan berarti Anda boleh bergantung hanya pada buah ini saja. Karena pada dasarnya, cara terbaik untuk mengontrol diabetes adalah pola makan sehat, olahraga teratur dan minum obat diabetes yang diberikan oleh dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES