Kesehatan

Manfaat Buah Sawo untuk Tubuh

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 06:12 | 59.63k
ILUSTRASI - Buah Sawo. (FOTO: Jovee)
ILUSTRASI - Buah Sawo. (FOTO: Jovee)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah sawo merupakan satu dari banyak jenis buah yang akrab degan masyarakat Indonesia. Sawo memiliki bentuk bulat dengan warna kulit dan daging yang coklat. Buah ini memiliki rasa yang cukup khas dengan kulit yang tipis. Buah ini juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat yang didapat dari buah coklat manis ini.

1. Menyehatkan Mata

Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi. Seperti sudah diketahui, vitamin A sangat berperan untuk kesehatan mata. Buah sawo merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

2. Menyehatkan Tulang

Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua.

3. Pembentukan Sel Darah Merah

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia untuk membantu pembentukan sel darah merah.

4. Mencegah Kanker Usus

Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.

5. Mencegah Infeksi

Sawo memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Vitamin A berperan dalam menyehatkan kulit dan vitamin C memiliki berperan dalam melawan jenis penyakit yang berbahaya serta mencegah adanya infeksi.

6. Mengobati Radang Mulut

Manfaat buah sawo lainnya yaitu dapat mengobati radang mulut secara alami. Kandungan vitamin C yang ada pada buah sawo bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat radang mulut. Selain buahnya, daun sawo juga dapat mengobati radang mulut. Caranya, cuci bersih daun sawo lalu rebus selama 10 menit. Gunakan rebusan dari daun sawo untuk berkumur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES