Kesehatan

Inilah Alasan Pentingnya Konsumsi Asam Folat

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 03:43 | 44.64k
ILUSTRASI - Makanan yang mengandung asam folat. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Makanan yang mengandung asam folat. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti menemukan bahwa wanita membutuhkan asam folat untuk perkembangan janin baik sebelum mengalami kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan.

Menurut penelitian AS Preventive Services Task Force yang dilansir dari Self, menemukan bahwa semua wanita perlu mengonsumsi asam folat meski tak sedang dalam kondisi hamil.

Sebagai informasi, Folat atau asam folat, ialah vitamin B yang penting untuk pertumbuhan otak dan tulang belakang pada janin yang sedang berkembang.

Asam folat ini bisa ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran hijau, serta kacang-kacangan dan produk biji-bijian.

Asisten deputi sekretaris di Women’s Health at the Department of Health and Human Services, Nancy C. Lee, MD mengatakan hasil penelitiannya menunjukkan cacat lahir dari otak dan tulang belakang terjadi pada tahap awal kehamilan atau minggu-minggu pertama, bahkan sebelum seorang wanita mengetahui bahwa dia sedang hamil.

"Cacat lahir dapat diketahui lewat kurangnya vitamin tersebut," kata Lee.

Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan maka risiko cacat tabung saraf, cacat lahir dari otak atau tulang belakang pada janin, akan berkurang.

Lee juga menambahkan, terdapat sekitar satu dari setiap 1.000 kehamilan mengalami salah satu cacat bawaan akibat kekurangan asam Folat.

"Mengonsumsi 0,4 miligram asam folat setiap hari dapat mencegah risiko hingga 70 persen," jelas Lee.

Penelitian lain yang dilakukan National Institutes of Health juga menemukan, bahwa asam folat dapat membantu mengurangi risiko obesitas anak di masa depan.

Selain itu, Lee melalui penelitiannya juga menyarankan wanita yang sudah hamil atau sedang mencoba untuk hamil tetapi belum mengonsumsi asam folat, segera konsumsi karena lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Lee mengatakan, asam folat dapat membantu perkembangan janin jika dikonsumsi pada usia kehamilan dua atau tiga bulan.

Selain itu, tubuh Anda pun membutuhkan asam folat untuk membuat sel-sel baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES