Kesehatan

Begini Kiat Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Pandemi dari Dinkes Kabupaten Malang

Jumat, 13 Agustus 2021 - 16:46 | 42.19k
Suasana Talk show Kesehatan Gigi dan Mulut saat Pandemi dari Dinkes Kabupaten Malang.(Foto : Radio Kanjuruhan).
Suasana Talk show Kesehatan Gigi dan Mulut saat Pandemi dari Dinkes Kabupaten Malang.(Foto : Radio Kanjuruhan).

TIMESINDONESIA, MALANGDinkes Kabupaten Malang, menggelar Talk show dengan tema Kiat Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut saat pandemi yang dilakukan secara daring.

Talk show yang dibawakan pembawa acara Andra Ridwan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Puskesmas Tirtoyudo, Kabupaten Malang, drg Ivan Drie MMRS.

Dalam awal penyampaian materinya, Narasumber Kepala Puskesmas Tirtoyudo, Kabupaten Malang, drg Ivan Drie MMRS menjelaskan pentingnya menjaga gigi dan mulut.

"Pastinya menjaga gigi dan mulut itu menjadi kewajiban kita semua. Kalau gigi dan mulut sehat, otomatis kesehatan secara holistik juga ikut sehat," ujarnya dilansir TIMES Indonesia, melalui talk show tersebut, Jumat (13/8/2021).

Apabila ada masalah terhadap gigi dan mulut kata dia, maka kesehatan secara holistik juga ikut terganggu. Salah satu gangguan yang ditimbulkan adalah dari bakteri dan kuman.

"Apabila ada suatu keradangan maupun infeksi di dalam gigi dan mulut, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan secara holistik," sebutnya.

Lalu, dalam Talk Show yang digelar Dinkes Kabupaten Malang ini dia menyebut gangguan kesehatan itu. "Semisal ada bakteri yang bengkak, bisa menyebar kemana-mana. Termasuk ke organ tubuh lainnya," terangnya.

Talkshow-Gigi-2.jpgBanner talk show Kesehatan Gigi dan Mulut saat Pandemi dari Dinkes Kabupaten Malang. (Foto : Dinkes Kabupaten Malang).

Maka dari itu kata dia, pentingnya menjaga kondisi gigi dan mulut. Terlebih saat ini masih Pandemi dan virus Covid-19 juga berpotensi menyebar melalui Gigi maupun mulut.

"Sebaiknya menunda perawatan gigi dan mulut apabila tidak urgensi, tidak darurat. Kamipun Sudah mendapatkan surat edaran kalau tidak darurat sebaiknya ditunda dulu," terangnya.

Kendati demikian, pihaknya juga tetap memberikan pelayanan kedaruratan seperti gigi patah dan terjadi pendarahan. Masyarakat juga diimbau untuk merawat gigi secara mandiri.

"Sikat gigi rutin, kalau dirasa sakit bisa membeli obat antibiotik maupun obat kumur," ucapnya.

Sebagai informasi, talk show Kesehatan Gigi dan Mulut saat Pandemi dari Dinkes Kabupaten Malang ini juga disiarkan melalui YouTube Radio Kanjuruhan dan bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES