Pendidikan

Calon Guru Penggerak Memberi Warna bagi Sekolah

Jumat, 13 Agustus 2021 - 10:14 | 110.62k
Festival Panen Hasil Belajar karya CGP Kabupaten Cilacap diapresiasi sangat baik. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)
Festival Panen Hasil Belajar karya CGP Kabupaten Cilacap diapresiasi sangat baik. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Kiprah para Calon Guru Penggerak (CGP) dinilai mampu dalam memberikan warna sebuah sekolah. Program pendidikan yang telah 9 bulan dijalani oleh CGP menghasilkan banyak aktivitas nyata yang menginspirasi.

Hal itu terungkap dalam Festival Panen Karya Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Kabupaten Cilacap Angkatan 1 yang digelar melalui daring dengan platform zoom meeting, Kamis (12/8/2021) kemarin.

Menurut Ketua Agen Perubahan Guru Penggerak P4TK Matematika Yuliawanto yang juga penanggung jawab program, karya aksi nyata salah satu Calon Guru Penggerak dari SMPN 6 Cilacap Isnaeni Sumiarsih diapresiasi oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, pada Pembukaan Guru Penggerak Angkatan 3.

Festival-Panen-Hasil-Belajar-karya-CGP-Kabupaten-Cilacap-2.jpgFestival Panen Hasil Belajar karya CGP Kabupaten Cilacap diapresiasi sangat baik. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia) 

"Tadi sebelum pameran daring ini, Mas Menteri membuka acara Pendidikan Guru Penggerak angkatan 3. Video aksi nyata Bu Isnaeni diputar dan diapresiasi oleh beliau. Tentu ini menunjukkan bahwa para CGP dari Kabupaten Cilacap memiliki kualitas yang baik," jelas Yuliawanto.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh CGP Kabupaten Cilacap.

"Kemarin saya dilapori progress kegiatan ini. Sebagai orang baru di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, baru seminggu, saya sangat senang. Artinya saya yakin ke depan saya akan dibantu oleh banyak Guru Penggerak yang nantinya akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cilacap," ujar Sadmoko.

Festival-Panen-Hasil-Belajar-karya-CGP-Kabupaten-Cilacap-3.jpgFestival Panen Hasil Belajar karya CGP Kabupaten Cilacap diapresiasi sangat baik. (FOTO: Heni Purwono for TIMES Indonesia) 

Sementara itu, Kasi PTK PAUD dan Dikmas Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Aida Nurul Aini melihat aksi nyata CGP pada sesi Kelas Berbagi mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh para CGP dapat menjadi warna untuk sekolah.

"Mereka bisa membranding sekolah dengan aksi nyata mereka. Saya pikir para CGP ini nantinya akan sangat berkembang ketika difasilitasi oleh para pemangku kebijakan di sekolah, sehingga dapat memajukan sekolah," tutur Aida.

Salah satu CGP dari SMPN 4 Cilacap Landung Baskoro mengaku, dengan adanya Program Guru Penggerak ini dinilainya banyak hal positif yang didapat.

"Saya mengembangkan komunitas praktisi di sekolah untuk mengoptimalkan sosial media berdasar arahan dari program ini. Hasilnya, kepercayaan masyarakat meningkat tajam. Dari kuota 200-an siswa, saat PPDB kemarin kita diserbu 800 pendaftar. Program Calon Guru Penggerak ini sangat keren," tandas Landung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES