Gaya Hidup

5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Aneh di Mata Bule

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 02:22 | 106.35k
Ilustrasi: Gafis cantik menggunakan piyama. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi: Gafis cantik menggunakan piyama. (Foto: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Adat istiadat orang Indonesia memang unik. Tapi hal unik itulah yang membuat warga kita semakin istimewa. Ada beberapa kebiasaan warga +62 yang membuat orang bule terheran-heran. Nah kebiasaan apa sajakah itu? Yuk mari kita cek di daftar berikut.

1. Makan menggunakan tangan
Bagi orang pribumi, makan menggunakan tangan sambil duduk dilantai memiliki kenikmatan tersendiri. Bagi orang asing yang datang berkunjung dan melihat kebiasaan ini untuk pertama kalinya, mereka akan jijik dan kadang kehilangan selera makan.

Tapi karena mereka terlalu sopan, mereka tidak akan mengatakan tersebut. Namun, sebagian besar hanya akan mengikuti budaya yang ada dan malah ikut mencoba makan memnggunakan tangan.

Nah, pastikan tamu asing anda tidak keberatan dengan kebiasan anda dengan bertanya terlebih dahulu. Jangan memaksakan budaya kita pada orang lain. Akan indah bila kita saling menghargai budaya masing-masing.

2. Ke supermarket memakai baju tidur
Baju tidur memanglah sangat nyaman. Daster atau setelan baju tidur menjadi andalan utama kaum ibu-ibu. Terutama bagi kaum berdaster, daster bisa jadi baju untuk segala acara kecuali resepsi pernikahan dengan sedikit modifikasi.

Nah, bagi bule hal ini akan menjadi pemandangan aneh. Sebab dinegara mereka, saat keluar rumah, mereka akan mengganti pakaian rumah mereka dengan baju casual  seperti paduan kaos dengan jeans, dan lain sebagainya.

3. Toilet jongkok
Orang asing menyebut toilet jongkok sebagai jamban trafisional. Terlepas dari sejarahnya, toilet ini memanglah sangat nyaman. Bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan toilet jongkpk, mereka akan kesulitan buang air di toilet duduk dan memilih mencari kamar mandi dengan toilet jongkok terdekat.
Nah bagi bule yang terbiasa dengan toilet duduk, mereka juga akan mengalami kesulitan menggunakan toilet jongkok. Apalagi dengan ukuran tinggi badan yang mereka miliki.

4. Jet shower di toilet
Masyarakat eropa umumnya akan menggunakan kertas tissue toilet atau tisu gulung untuk cebok. Jet shower bagi mereka bukanlah hal yang lain digunakan. Namun, banyak dari mereka yang jatuh cinta dengan teknologi ini danengadopsinya saat kembali ke negara mereka.

5. Naik motor bonceng 5
Naik motor bonceng 5? Bonceng 3 saja sudah merupakan hal yang luar biasa di luar negeri. Ini, bonceng 5 dan kesemuanya tidak menggunakan helm. Plus, dengan kecepatan maksimum pula. Bisa dibayangkan bagaimana terkagum-kagumnya mereka melihat kebiasaan unik serta kemampuan warga Indonesia mengendarai motor. Ya kan?

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES