Peristiwa Daerah

Melihat Persiapan Surabaya Sambut Musim Penghujan, Sungai Terbesar Dibersihkan

Kamis, 12 Agustus 2021 - 21:42 | 31.40k
Alat berat dioperasikan untuk membantu percepatan pengerukan sungai terbesar di Surabaya, Kalimas. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Alat berat dioperasikan untuk membantu percepatan pengerukan sungai terbesar di Surabaya, Kalimas. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menyambut datangnya musim penghujan, normalisasi sungai Kalimas di Surabaya terus dilakukan hingga hari ini, Kamis (12/8/2021). Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia, pengerukan sungai terbesar di Kota Pahlawan itu sudah dilaksanakan sejak awal bulan Juli.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji berkesempatan meninjau langsung proses normalisasi. Dengan mengenakan perahu dari dermaga Taman Ekspresi, ia berangkat menuju sisi barat sungai hingga ke wilayah Peneleh, tempat Bung Karno lahir.

Alat berat b

Sejumlah gundukan sedimen tampak telah menumpuk di tepi sungai untuk selanjutnya diangkut menggunakan truk menuju tempat pengolahan. Sungai ini terbilang cukup bersih, jika melihat komposisi sedimen yang minim sampah.

Orang nomor dua di Surabaya itu kemudian menjajal mengeruk sedimen menggunakan alat berat, menggantikan para petugas di Kalimas. Seusai meninjau, Armuji menyebut bahwa upaya normalisasi ini dilakukan untuk menyambut datangnya musim hujan.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 10 ribu meter kubik yang sudah diambil, dan ini terus dilakukan,” ucapnya.

Alat berat c

Pengerukan sungai menjadi aktivitas yang penting untuk memperlancar arus lalu lintas air. Dengan begitu, maka banjir bisa diantisipasi.

“Apalagi ini sungai satu-satunya yang ada di tengah kota, jadi harus dinormalisasi,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Armuji juga mengingatkan kepada warga yang tinggal tak jauh dari sungai Kalimas agar bersama-sama menjaga kebersihan sungai.

“Tolong jangan membuang sampah ke sungai, supaya tidak kebiasaan dan supaya lalu lintas air bisa lancar, tidak tersendat oleh sampah,” imbaunya dalam persiapan Surabaya menyambut musim hujan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES