Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Mata Silinder

Jumat, 13 Agustus 2021 - 05:37 | 89.40k
Menjaga kesehatan mata menggunakan lensa kontak. (Foto: halodoc.com)
Menjaga kesehatan mata menggunakan lensa kontak. (Foto: halodoc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMata silinder juga dikenal dengan istilah astigmatisme. Mata silinder merupakan keadaan dimana mata akan mengalami rabun yang bersamaan saat mata mengalami miopi (rabun jauh) maupun hipermetropi (rabun dekat).

Kondisi ini memang sangat umum ditemukan. Akan tetapi gejala yang akan dirasakan setiap orang tentu akan berbeda. Beberapa gejala mata silinder yang umumnya perlu diwaspadai adalah pandangan mata yang buram, dan garis lurus terlihat miring atau berbayang. Ada juga yang mengalami sulit melihat dalam jarak dekat maupun jauh, mata tegang, sakit kepala, menyipitkan mata saat hendak melihat, serta kesulitan melihat dimalam hari.

Penyebab mata silinder pada seseorang adalah kelainan bentuk pada lengkungan kornea atau lensa mata sehingga mata tidak akan dapat meilhat objek dengan fokus dalam jarak berapapun. Akan tetapi perlu diketahui, silinder tidak disebabkan oleh gadget ataupun membaca dan menatap HP dengan terlalu dekat. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata dengan kondisi silinder: 

1. Gunakan Kacamata dan Lensa Kontak

Mata silinder bisa jadi bertambah jika tidak ditangani dengan tepat. Salah satu penanganan yang tepat untuk mata silinder adalah menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai. Pada opsi ini, kita tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter ahli. 

2. Olahraga Mata

Olahraga mata yang dimaksud adalah menggerakkannya kekiri-kekanan, berputar, dan juga memandang lurus kedepan. Olahraga ini dapat dilakukan sebelum tidur dengan tujuan agar mata mendapatkan oksigen yang cukup. Kemudian setelah melakukan hal tersebut, pijit perlahan bagian pelipis mata searah dengan jarum jam.

3. Kompres dengan Air Hangat

Meski telah disarankan untuk mengenakan kacamata, tidak cukup baik jika kita membiarkan mata kita menjadi ketergantungan pada kacamata. Kompres air mata minimal sebelum tidur untuk membuat otot mata menjadi lebih rileks dan tidak tegang. 

4. Hentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah melihat TV dengan jarak yang terlalu dekat, bermain komputer dengan penerangan yang berlebihan, dan upayakan mencari posisi nyaman saat hendak melakukan pekerjaan. Karena salah satu penyebab silinder juga adalah mata yang beraktivitas diluar kendali sehingga mengalami kelelahan. 

5. Mengonsumsi Suplemen Mata

Suplemen yang dimaksudkan tidaklah selalu tentang obat-obatan. Suplemen yang dimaksud dapat berupa gizi atau zat-zat baik untuk mata yang terdapat didalam makanan yang sehat. Makanan tersebut contohnya salmon, wortel, tomat, dan blueberry. 

Itulah tips untuk menjaga kesehatan mata silinder. Hal ini mungkin tidak akan membuat silinder hilang sepenuhnya dari kondisi mata. Akan tetapi akan mengurangi semakin parahnya kondisi silinder pada mata dan tetap menjaga kesehatannya setiap hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES