Gaya Hidup

Stop Pencet Jerawat, Atasi dengan Cara Ini

Kamis, 12 Agustus 2021 - 02:22 | 49.12k
ILUSTRASI - Sering memencet jarawat. (FOTO: mamaschoice.id)
ILUSTRASI - Sering memencet jarawat. (FOTO: mamaschoice.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJerawat memang menjadi pengganggu penampilan, terutama pada wajah. Oleh karena itu tak jarang banyak yang "gemas" dan ingin memencet jerawat agar segera hilang dari wajah. Perlu diketahui memencet jerawat pada wajah justru bisa membuat wajah semakin tidak menarik karena jerawat yang dipencet akan menimbulkan noda hitam pada wajah.

Anda tak perlu khawatir dengan jerawat yang muncul di wajah. Jangan buru-buru juga untuk mencari obat jerawat atau facial ke salon. Anda bisa memanfaatkan buah-buahan di sekitar Anda untuk mengatasi jerawat. Cara ini lebih murah dan lebih aman dibandingkan dengan perawatan kimia yang memang hasilnya lebih instan. Berikut buah-buahan yang dapat membantu menagtasi jerawat pada wajah Anda dilansir dari berbagai sumber.

1. Belimbing Wuluh

Buah yang juga sering digunakan dalam masakan ini kaya akan vitamin C yang juga dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah. Anda yang ingin menghilangkan jerawat dari wajah Anda bisa mencoba dengan cara yang sederhana.

Sediakan lima buah belimbing wuluh, cuci bersih, lalu haluskan. Kemudian tambahkan sedikit garam. Selanjutnya gosokkan campuran belimbung wuluh dan garam tersebut pada wajah secara perlahan. Lakukan sehari dua sampai tiga kali agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Tomat

Buah yang dominan dengan warna merah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah, seperti mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C dan zat lain pada tomat dapat mengurangi minyak di wajah, serta emudarkan noda kemerahan akibat jerawat yang meradang.

Bagaimana cara mengatasi jerawat dengan tomat? Jawabnya sangat mudah. Potong tipis-tipis buah tomat. Kemudian gosokkan irisan buah tomat tersebut pada wajah dengan halus. Lebih baik lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur setiap harinya.

Meski tomat bisa mengatasi jerawat, ada yang perlu Anda perhatikan. Sebaiknya hindari pengobatan jerawat dengan tomat ini bagi yang memiliki kulit sensitif dan jerawat parah. Hal ini mengingat tingginya kandungan vitamin C, yang dapat menyebabkan rasa perih.

3. Buah Berry

Buah buahan yang termasuk dalam keluarga berry memiliki manfaat untuk menatasi dan mencegah timbulnya jerawat. Buah yang termasuk dalam keluarga berry ini antara lain, strawberry, raspberry, bluberry, dan lainnya.

Buah buah berry ini mengandung banyak sekali vitamin, antioksidan, dan serat. Bahkan buah berry juga kaya akan phytochemical yang melindungi kulit dari bakteri dan radikal bebas. Buah berry juga memiliki angka gylcemic yang rendah sehingga baik juga digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Selain itu, jeruk nipis juga mampu membersihkan kulit wajah dari minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jeruk nipis juga memiliki kandungan alpha-hydroxy yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat cukup mudah. Teteskan perasan air jeruk nipis pada kapas bersih, lalu oleskan merata pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Jangan kaget jika kulit anda merasa agak perih saat pemakaiannya, karena ini pertanda bahwa kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis tersebut sedang bekerja.

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 90 persen. Mentimun dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit, menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah, mengencangkan pori-pori dan membuatnya tetap terhidrasi. Karena sifatnya yang dingin di kulit, mentimun juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang kemerahan.

Anda bisa memilih beberapa cara untuk mengatasi jerawat dengan mentimun. Selain diolah menjadi jus yang segar, bisa juga diolah menjadi masker dengan cara menghaluskannya. Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan perwatan yang Anda pilih dengan teratur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES