Kesehatan

Turunkan Kolesterol dengan Cara Ini

Kamis, 12 Agustus 2021 - 00:32 | 56.06k
ILUSTRASI - Mengukur kadar kolesterol. (FOTO: Pinterest)
ILUSTRASI - Mengukur kadar kolesterol. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan berlemak dan bersantan selalu identik dengan kolesterol. Jika tak hati-hati mengkonsumsinya, kolesterol pasti naik. Bagi Anda yang mengalami kenaikan kolesterol segera turunkan kolesterol agar tidak berisiko. Berikut cara menurunkan kolesterol dilansir dari fimela.com.

1. Rutin Berjalan Kaki

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin berjalan kaki dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Dengan berjalan kaki, kolesterol baik dalam tubuh pun bisa meningkat hingga 10 persen. Disarankan untuk berjalan kaki sekitar 45 menit, terutama setelah mengkonsumsi makanan penyebab naiknya kolesterol tersebut. Kegiatan ini harus rutin dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu agar hasil lebih optimal.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Setelah mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan, Anda harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi. Pilihlah makanan dan sayuran yang tidak hanya baik untuk jantung tetapi juga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Konsumsi Ikan

Untuk menurunkan kolesterol, Anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak Omega-3 yang cukup. Sumber kandungan tersebut bisa didapat dari ikan. Kandungan asam lemak Omega-3 pada ikan dipercaya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi ikan tiga kali dalam seminggu untuk menurunkan kolesterol secara lebih optimal. Yang terpenting, perhatikan cara pengolahan ikan. Pilih minyak goreng yang tepat seperti Olive oil karena mampu menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES