Kuliner

Kafe Konoa, Sensasi Ngopi di Pinggir Sawah

Kamis, 12 Agustus 2021 - 03:09 | 230.81k
Salah satu pengunjung yang sedang menikmati ngopi sensasi sawah di Cafe Konoa (Foto:  Rohmadi/TIMES Indonesia)
Salah satu pengunjung yang sedang menikmati ngopi sensasi sawah di Cafe Konoa (Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kabar baik nih bagi kalian para pecinta kopi. Ada tempat ngopi asik dengan pemandangan yang indah di Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Tempatnya di Kafe Konoa yang menawarkan sensasi ngopi di pinggir sawah. Nah, di jamin tidak rugi deh, ngopi di sini.

Suasana pedesaan yang kental dengan area persawahan membuat kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau dan menyehatkan mata.

Kafe yang dibuka sejak awal Juni 2021 ini dikelola oleh Muhammad Hanafi (27), pemuda kreatif asal Dusun Sugihwaras, Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Lelaki yang akrab disapa Hanafi ini mengaku terinspirasi membuka Kafe di tengah pedesaan dengan nuansa sawah, sebab ingin membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar desanya.

"Sebagai orang desa asli sini, ini juga tanggung jawab moral bagi saya untuk mengembangkan desa saya," katanya, kepada TIMES Indonesia, Rabu (11/8/2021).

Kafe-Konoa-2.jpgTampak Depan Caffe Konoa yang berada di Dusun Sugihwaras, Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang (Foto:  Rohmadi/TIMES Indonesia)

Lebih lanjut Hanafi menjelaskan, dengan adanya Kafe Konoa di desa bisa menambah lapangan kerja, mendongkrak bahan pokok kopi bisa diambil dari desa dan juga bisa mengangkat nama desa tercintanya.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi adanya kerumunan dan antrean pihaknya juga menerapkan pesan lewat media online. Sehingga pemesanan lebih mudah dan tak perlu antre lagi.

"Pembayaran juga bisa langsung lewat e-walet. Sehingga jadwal dan pesanan bisa diatur," jelas pria lulusan salah satu Universitas di Malang ini.

Menu yang ditawarkan di Kafe Konoa ini juga beragam, mulai dari Kopi Konoa sebagai menu andalan, aneka minuman dingin dan hangat serta berbagai jenis camilan untuk melengkapi teman ngopi.

"Harga mulai dari Rp10-20 ribuan saja. Standar namun dengan kualitas yang tak kalah dengan kafe di kota," beber pemuda yang berusia 27 tahun ini.

Muhammad-Hanafi.jpgMuhammad Hanafi, Owner Caffe Konoa (Foto:  Rohmadi/TIMES Indonesia) 

Namun, pihaknya mengaku selama PPKM diberlakukan omset penjualan mengalami penurunan. Biasanya omset perbulan bisa mencapai Rp30-40 juta. Di masa PPKM ini tidak bisa mencapai target yang diinginkan.

Pihaknya berharap pandemi segera berakhir sehingga roda perekonomian serta aktifitas bisa berjalan dengan normal kembali.

Tempat Ngopi yang Instagramable

Dalam pantauan TIMES Indonesia, memasuki ruangan Kafe Konoa, kalian akan dimanjakan dengan berbagai tanaman dan tempat bersih yang ditata rapi dalam sebuah ruangan. Mulai dari kursi dengan ukiran bercorak kekinian, juga banyak ketersediaan tanaman yang membuat mata tambah segar.

Tak hanya di dalam ruangan saja yang indah. Di tempat yang menjadi andalan dari Kafe Konoa yaitu di bagian belakang kafe. Terdapat beberapa meja dan kursi yang disediakan di atas batu kerikil yang tertata rapi. Juga pemandangan matahari yang tampak cerah, dan pegunungan yang indah dengan langit birunya yang menghadap langsung di hamparan sawah.

Maka tak jarang jika Kafe Konoa sering dijadikan tempat yang cocok untuk berdiskusi dan tempat anak muda yang ingin membuat konten foto dan video karena tempatnya yang memang instagramable sekali.

Sedikit Informasi, selama masa aturan PPKM level 4 ini, Kafe Konoa sementara beroperasi sekitar pukul 08.00 WIB hingga ditutup pada pukul 21.00 WIB. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES