Kuliner

Hanya di Kota Madiun, Bunga Jantung Pisang Diolah Jadi Keripik Aneka Rasa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:37 | 173.51k
Krijang, keripik bunga jantung pisang hasil olahan Wahyu, warga Kota Madiun sudah dijual hingga beberapa kota di Indonesia. (Foto: Krijang for TIMES Indonesia)
Krijang, keripik bunga jantung pisang hasil olahan Wahyu, warga Kota Madiun sudah dijual hingga beberapa kota di Indonesia. (Foto: Krijang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNJantung pisang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam olahan berbahan jantung pisang banyak dikreasikan mualai disayur tumis, lodeh, oseng, gule dan lainnya. Tapi, beda dengan yang dilakukan Wahyu Wisma Priyani, warga Jalan Gegonomanis G3/11 Kota Madiun. Wahyu mengambil khusus bunga dari jantung pisang untuk dijadikan makanan ringan atau snack. Cemilan itu dinamai snack Krijang, singkatan dari keripik bunga jantung pisang. 

Kreasi berbeda itu dia pilih karena menurutnya belum ada pelaku usaha lain yang membuat keripik serupa, dari bunga jantung pisang. 

Krijang b

"Langkah pembuatannya, jantung pisang dipisah antara kelopak dan bunga, ambil bunganya, bersihkan, rebus sampai dirasa cukup empuk, untuk membuang getahnya.
Setelah itu campur dengan tepung bumbu dan goreng hingga matang dan kering," kata Wahyu saat ditanya proses pengolahan keripik bunga jantung pisang. 

Saat ini produknya sudah cukup dikenal. Wahyu selain melayani permintaan di Kota Madiun, juga mengirim permintaan luar kota seperti Bekasi, Sidoarjo dan Solo. 

"Kami juga sempat mengirim permintaan dari Hongkong dan Filipina. Permintaan lewat TKI yang pulang kampung lalu menginformasikan kepada teman dan saudaranya yang masih ada di luar negeri," tambah Wahyu. 

Krijang c

Selain original, snack Krijang punya beberapa varian rasa seperti balado, jagung manis, keju, barbeque, ayam bawang dan ekstra pedas.  Harga jualnya di kisaran Rp10.000 untuk kemasan 50 gram, dan Rp17.000 untuk kemasan 100 gram, serta melayani pemesanan kiloan dengan harga berbeda. 

"Di antara varian rasa tersebut, best sellernya snack Krijang rasa balado," kata Wahyu, warga Kota Madiun pelaku usaha keripik bunga jantung pisang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES