Gaya Hidup

6 Resep Bikin Infused Water sebagai Minuman yang Menyehatkan

Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:15 | 73.16k
Ilustrasi aneka minuman sehat. (Foto: halodoc.com)
Ilustrasi aneka minuman sehat. (Foto: halodoc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAInfused water merupakan air yang dicampur dengan aneka buah segar. Infused water sering menjadi pilihan banyak orang untuk menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan memperbanyak minum.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, yakni setelah mengisi air putih dengan aneka campuran buah kemudian cukup menyimpannya dilemari pendingin kurang lebih dalam jangka waktu semalaman. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, infused water juga bermanfaat untuk detoksifikasi serta mencegah dehidrasi.

buah bInfused water dengan campuran stroberindan mentimun. (Foto: Pinterest)

Untuk beberapa resep dalam membuat infused water tidak hanya terpaku pada buah-buahan pada umumnya seperti lemon, jeruk nipis dan lain-lain. Berikut resep yang bisa menjadi inspirasi ketika ingin membuat infused water terutama saat di rumah saja selama pandemi: 

1. Lemon dan Jeruk Nipis

Campuran buah ini sangat umum sekali dalam menjadi campuran pada infused water. Untuk membuatnya hanya diperlukan satu liter air putih, satu jeruk nipis, satu lemon, es batu secukupnya, dan daun mint. Iris-iris lemon serta jeruk nipis sesuai dengan bentuk yang diinginkan kemudian campur semua bahan kedalam air satu liter. 

2. Lemon dan Blueberry

Masih pada buah yang kaya akan vitamin C yakni lemon, untuk membuat infused water itni memiliki bahan yang sama dengan infused water sebelumnya. Hanya saja, Cuma perlu mengganti jeruk nipis menjadi 200 gram blueberry. Kemudian campurkan semua bahan kedalam satu liter air putih yang telah disediakan. 

3. Semangka dan Rosemary

Untuk infused water ini agak sedikit berbeda yakni menggunakan semangka dan rosemary. Bahan yang diperlukan yakni satu liter air putih, 300 gram semangka, es batu, dan tentu saja rosemary. Semangka tidak harus dipotong besar-besar, sesuaikan saja dengan gelas yang digunakan untuk menampung air satu liter kemudian masukkan semua bahan termasuk es batu. 

4. Kiwi dan Stroberi

Bahan untuk membuat infused water kiwi juga stroberi membutuhkan satu liter air putih, satu buah kiwi, enam hingga delapan stroberi, es batu, dan daun mint. Cara membuatnya pun hanya perlu memotong buah kiwi dan stroberi sesuai dengan bentuk yang diinginkan kemudian campurkan semua bahan kedalam gelas yang berisi satu liter air putih. 

5. Jeruk dan Stroberi

Masih berkaitan dengan stroberi namun kali ini akan dipadukan dengan buah kaya akan vitamin C yakni jeruk. Buah stroberi yang dibutuhkan sama dengan infused water sebelumnya yakni enam hingga delapan. Kemudaian ditambahkan satu buah jeruk yang sudah diiris-iris beserta daun mint. 

6. Timun dan Stroberi

Infused water yang satu ini akan menjadi opsi bagi seseorang dengan gangguan darah rendah. Orang dengan gangguan darah rendah dan anemia tidak disarankan untuk mengonsumsi timun. Bagi yang sehat, infused water ini dapat dibuat dengan satu liter air putih, satu timun, enam hingga delapan stroberi, setengah jeruk nipis, serta daun mint. Kelima bahan tersebut dicampurkan dengan kondisi sudah dipotong menyesuaikan wadah yang akan digunakan. 

Itulah beberapa resep untuk membuat aneka infused water. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat infused water antara lain menggunakan wadah BPA free, berisi irisan buah-buahan, menambahkan rempah-rempah, isi ulang wadah dengan es batu, meletakkannya dilemari es selama minimal dua jam atau bisa semalaman.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES