Kesehatan

Lima Makanan Populer Ini Bisa Membantu Metabolisme Tubuh

Rabu, 11 Agustus 2021 - 03:33 | 42.45k
Alpukat, telur dan mentimun yang bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh kita.(FOTO A: EatThis, NotThat/Shutterstock)Telur adalah makanan kaya protein ini meningkatkan laju metabolisme kita karena sesuatu yang disebut efek termal yang lebih tinggi. (
Alpukat, telur dan mentimun yang bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh kita.(FOTO A: EatThis, NotThat/Shutterstock)Telur adalah makanan kaya protein ini meningkatkan laju metabolisme kita karena sesuatu yang disebut efek termal yang lebih tinggi. (

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kita sering mendengar tentang metabolisme, tapi banyak yang tidak faham apa itu, padahal itu penting dan ada lima makanan populer yang meningkatkan metabolisme, apa saja ?

Metabolisme pada dasarnya adalah proses tubuh kita mengubah makanan yang kita makan menjadi energi

Ketika kita memiliki metabolisme yang lambat, mungkin kita akan mengalami hal-hal seperti berat badan bertambah, cepat lelah, atau kulit kering.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa cepat atau lambatnya fungsi metabolisme kita, seperti usia dan susunan genetik yang tidak bisa kita kendalikan.

Namun, disisi lain ada pula beberapa faktor yang bisa kita kendalikan, seperti makanan yang kita makan, yang bisa membantu kita mencapai metabolisme yang lebih cepat dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Dilansir EatThis, NotThat dari hasil berbincang dengan pendiri GetNaked®Nutrition dan Penulis Slimdown with Smoothies, Laura Burak MS, RD, ada lima makanan populer yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita yakni :

1. Telur

Dalam hal meningkatkan metabolisme tubuh kita, makan banyak protein sangat penting. Telur adalah cara yang baik untuk meningkatkan kadar protein karena biasanya rendah lemak dan kalori. 

Menurut Burack, makanan kaya protein ini meningkatkan laju metabolisme kita karena sesuatu yang disebut efek termal yang lebih tinggi.

"Mereka membutuhkan lebih banyak energi dari tubuh anda untuk mencernanya, yang juga disebut sebagai efek termal yang lebih tinggi (TEF) dari makanan. Jadi ini bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda," kata Burack

Tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak energi untuk memproses protein dari telur, dan anda akan merasa lebih sedikit lapar setelahnya.

"Protein adalah pukulan ganda dalam hal kesehatan dan pemeliharaan berat badan karena mereka tidak hanya memiliki TEF yang lebih tinggi, tapi juga membuat kenyang lebih lama," papar eia.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara tepercaya untuk makan sehat saat anda terburu-buru dan membutuhkan camilan cepat, dan mereka dikemas dengan manfaat meningkatkan metabolisme.

"Meletupkan segenggam kacang atau biji-bijian memberi anda semua yang anda butuhkan untuk tidak hanya menstabilkan gula darah dan menahan anda di antara waktu makan," kata Burack. "Tapi mereka adalah makanan portabel yang secara alami mengandung ketiga makro-karbohidrat, protein dan lemak."

3. Makanan pedas

Rempah-rempah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi dari British Journal of Nutrition, rempah-rempah seperti jahe, lada hitam, mustard, dan lobak telah terbukti meningkatkan tingkat istirahat metabolisme kita.

"Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makanan pedas seperti saus pedas untuk sementara bisa meningkatkan tingkat metabolisme anda karena capsaicin, bahan kimia yang ditemukan dalam cabai," ujar Burack.

4. Air

Meskipun air secara teknis bukanlah makanan, air adalah salah satu komponen terpenting dalam meningkatkan dan mempertahankan tingkat metabolisme anda.

"Air tidak hanya membantu anda tetap kenyang dan menahan rasa lapar saat mengisi perut anda. Tapi itu membantu dalam metabolisme, mencerna dan menyerap makanan anda, serta menjaga buang air besar secara teratur," tutur Burack

Kedengarannya cukup sederhana, tetapi kita semua tahu bahwa sulit untuk mendapatkan cukup air sepanjang hari, terutama dengan jadwal yang padat.

5. Alpukat

Buah yang satu ini mungkin salah satu makanan super paling enak dan serbaguna di planet ini. "Alpukat membuat anda kenyang dan puas, dan mereka penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung," kata Burack.

Menurut sebuah penelitianz alpukat sebenarnya telah dikenal untuk menurunkan sindrom metabolik pada orang dewasa, yang merupakan sekelompok kondisi seperti gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan gula darah tinggi yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

Keindahan alpukat adalah ada banyak cara untuk memakannya!

"Iris satu dan tambahkan ke salad atau taco anda, atau tumbuk alpukat ke dalam guacamole dan mulailah mencelupkan sayuran itu," kata Burack.

Itulah pentingnya sistem metabolisme di tubuh kita dan lima jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES