Kesehatan

Makanan Pencegah Gigi Berlubang dan Bau Mulut

Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:27 | 40.47k
Ilustrasi - Makan apel bisa mencegah gigi berlubang dan bau mulut (Foto: xframe.io/photos)
Ilustrasi - Makan apel bisa mencegah gigi berlubang dan bau mulut (Foto: xframe.io/photos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang dan bau mulut. Salah satunya adalah menggosok gigi yang rutin dilakukan minimal dua kali sehari juga sebelum tidur. Hal ini akan mengurangi resiko gigi berlubang.

Selain dengan menggosok gigi rutin, cara menjaga gigi dari berlubang dan juga bau mulut juga dapat dengan menjaga makanan. Umumnya, yang menjadi pola makan sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yakni dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi jajanan manis.

Namun siapa sangka ternyata juga ada beberapa makanan yang dapat dijadikan sebagai pencegah gigi berlubang dan bau mulut. Berikut beberapa makanan tersebut: 

1. Teh

Minum-Teh.jpgFoto: xframe.io/photos

Teh dapat menjadi salah satu minuman untuk mencegah gigi berlubang dan bau mulut terutama teh hijau. Hal ini karena kandungan polifenol didalam teh yang akan menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut yang menyebabkan gigi berlubang maupun bau mulut. Selain teh hijau, kita juga dapat menggunakan teh hitam karena keduanya sama-sama mengandung polifenol. 

2. Keju

Keju.jpgFoto: Hellosehat

Keju terutama cheddar cheese juga dapat mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Hal ini dikarenakan keju chedar dapat menurunkan kadar keasaman setelah kita mengonsumsi makanan yang manis. 

3. Kismis

Kismis.jpgFoto: Stylecraze

Kismis adalah makanan yang mengandung pemanis alami seperti sukrosa sehingga ampuh mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Selain itu, kismis bahkan juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan plak pada gigi serta akan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit gusi. 

4. Apel, wortel, dan mentimun

Apel-Wortel.jpgFoto: cuisineaz.com via liputan6

Apel sebagai salah satu contoh juga dapat mencegah bau mulut dan gigi berlubang. Dengan memakan buah apel, kita memerlukan sedikit tenaga untuk mengunyahnya sampai halus. Gerakan mengunyah tersebut bermanfaat untuk membersihkan gigi sehingga menghilangkan bau mulut. Hal ini mengapa buah apel menjadi makanan penutup atau pencuci mulut karena selain memiliki gizi sendiri juga dapat membersihkan mulut. 

Itulah sebagaian tips yang dapat diikuti guna mencegah gigi berlubang dan bau mulut. Rata-rata dan pada umumnya bau mulut berserta gigi berlubang disebabkan oleh kondisi mulut yang kurang bersih. Namun kedua masalah tersebut saling berkaitan, yakni jika terdapat gigi berlubang dalam mulut pastilah akan menyebabkan bau mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES