Otomotif

Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UII Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Senin, 09 Agustus 2021 - 22:08 | 58.71k
Kampus pusat Universitas Islam Indonesia (FOTO: Humas UII for TIMES Indonesia)
Kampus pusat Universitas Islam Indonesia (FOTO: Humas UII for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Raihan akreditasi unggul institusi UII tertuang dalam Surat Keputusan BAN PT No. 705/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VIII/2021. 

Akreditasi unggul tersebut diperoleh setelah memenuhi Peraturan BAN PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi oleh BAN PT. Hasil akreditasi yang dikeluarkan adalah unggul, sangat baik, dan baik. Hal ini menandakan suatu perguruan tinggi memperoleh prestasi yang sangat baik dan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. menuturkan, UII merasa bersyukur bahwa ikhtiar kolektif yang selama ini dilakukan, diapresiasi oleh lembaga eksternal. Dalam hal ini adalah akreditasi oleh BAN-PT yang telah memberikan predikat unggul kepada UII.

Menurutnya pencapaian tersebut merupakan hasil dari usaha bersama seluruh civitas akademika yang harus terus dipertahankan. "Kita bersyukur, kita rayakan seperlunya, dan yang lebih penting adalah bagaimana predikat itu bisa kita pertahankan di masa-masa yang akan datang,” ujar Fathul dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Senin (9/8/2021)

Selain akreditasi unggul untuk institusi yang telah didapatkan saat ini, UII juga mendapatkan akreditasi unggul atas 17 program studi. Akreditasi program studi ini, setidaknya didapatkan melalui tiga jalur, yaitu pertama jalur penyetaraan, yakni penilaian akreditasi yang dilakukan berdasarkan akreditasi internasional.

Kedua, jalur Instrumen Suplemen Konversi (ISK), yaitu penilaian akreditasi yang ditetapkan berdasarkan konversi peringkat dari sistem A, B, dan C, ke sistem peringkat unggul, baik sekali, dan baik. Ketiga, jalur borang akreditasi 9 kriteria, yaitu penilaian akreditasi yang dilakukan berdasarkan pemenuhan 9 kriteria.

“Dari 25 pilihan program studi yang ditawarkan UII saat ini, lebih dari 70 persen telah mendapatkan akreditasi program studi A dan ditambah dengan capaian terbarunya, saat ini ada 17 program studi UII telah terakreditasi unggul,” ungkap Fathul

Capaian akreditasi ini, menurut dia merupakan bentuk pemenuhan standar perguruan tinggi dan bukan sebagai suatu pembanding. Sehingga, jika masih terdapat prodi yang memiliki akreditasi B, hal ini tidak dapat dimaknai sebagai sesuatu yang buruk.

Melainkan bisa jadi prodi tersebut masih baru didirikan, masih membutuhkan waktu untuk mengakumulasikan prestasinya, kualitasnya, kualifikasi akademik dosennya, dan lain-lain.

“Predikat akreditasi itu tergantung banyak hal, bisa juga dipengaruhi oleh usia. Hal ini dikarenakan predikat akreditasi sangat dipengaruhi oleh akumulasi, sumberdaya, dan lain-lain,” tuturnya

Dia menambahkan capaian prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Sebagai langkah kedepannya, UII terus berkomitmen untuk meningkatkan berbagai hal yang dirasa masih kurang.

“Upaya yang ditempuh, seperti terus memfasilitasi berbagai program studi dengan hibah, pendampingan, dan lain-lain. Dengan demikian, UII bisa terus meningkatkan levelnya di masa yang akan datang,” papar Fathul, Rektor UII. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES