Olahraga

Pemain Persebaya Ini Jalan Kaki 13 Kilometer Penuhi Nazar, Ada Apa?

Senin, 09 Agustus 2021 - 19:53 | 72.69k
Rachmat Irianto tak gentar diguyur hujan tetap menjalankan nazarnya atas kelahiran putra pertamanya. (FOTO: Tangkapan layar/video Persebaya)
Rachmat Irianto tak gentar diguyur hujan tetap menjalankan nazarnya atas kelahiran putra pertamanya. (FOTO: Tangkapan layar/video Persebaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Hujan mengguyur Surabaya Minggu (8/8/2021) malam kemarin. Seorang pria tampak berjalan kaki mengenakan jas hujan berwarna kuning. Dari postur tubuhnya tampak tak asing, saat didekati, benar saja ia adalah Rachmat Irianto, pemain belakang Persebaya yang juga langganan Timnas Indonesia.

Ada apa gerangan anak coach Bejo Sugiantoro ini jalan kaki malam-malam? Rupanya, malam itu Rian -sapaan akrabnya- telah resmi menjadi seorang ayah. Sang istri melahirkan putra pertama mereka dalam keadaan sehat wal afiat.

Rachmat Irianto b

“Saya ada janji sama Allah kalau punya anak laki-laki, saya akan jalan (kaki) dari rumah sakit ke rumah,” ungkap Rian di tengah-tengah perjalananya.

Bukan main, 13 kilometer ditempuhnya dari RS DKT Gubeng menuju kediamannya di daerah Taman Sidoarjo. Diguyur hujan, diterpa dinginnya angin malam, Rian tetap gigih menjalankan misinya.

Ayah adalah Panutan

Di persimpangan Bungurasih, sebutan untuk terminal Purabaya, Rian sedikit bercerita mengapa ia bernazar jalan kaki.

“Saya mereinkarnasi cerita ayah saya dulu, Ketika saya lahir di Gubeng, Ayah saya melakukan seperti ini. Jadi saya melakukan kembali," ucapnya sembari menenteng kendi berisikan ari-ari anaknya.

Tampak jelas di air mukanya, raut kebahagiaan bisa menjalankan persis seperti apa yang dilakukan ayahnya dulu.

“Nazar ini adalah rasa syukur saya, setelah saya diberi putra pertama ini. Jalan cepat sama seperti ayah. Cuman waktu itu istri (sempat) nggak ngebolehin karena nggak tega terlalu jauh. Saya tetap nekat karena itu sudah keinginan saya dari awal,” beber pria kelahiran 3 September 1999 ini.

Rian menamai putra kesayangannya Ahmad Syakir Muzafar yang memiliki arti pria yang terpuji, pandai bersyukur, dan pemenang. Sebuah nama yang cocok disanding cucu pertama Bejo Sugiantoro itu.

Setelah sukses menjadi bek handal Persebaya dan Timnas Indonesia seperti ayahnya. Rian juga berhasil menjalankan nazar, mengulang kembali apa yang dilakukan ayahnya dulu.

Pemain bernomor punggung 13 itu benar-benar menjadikan ayahnya panutan. Sesampainya di rumah, Rian dan abah Bejo bersama-sama mempersiapkan penanaman ari-ari di teras rumah.

Nampak abah Bejo memberi petuah-petuah tertentu terhadap Rian. Terlihat seperti seorang pelatih yang memberi instruksi pemainnya di tepi lapangan. Kali ini, instruksi kehidupan agar Rian dapat menjadi sosok ayah panutan.

Rachmat Irianto c

“Saya bersyukur Alhamdulillah, cucu saya lahir dengan sehat, selamat, lancar, dan ini patut disyukuri bagi keluarga kami. Saya sebagai orang tua dan akan sebagai Mbah Kung (kakek, dalam Bahasa Jawa). Apa yang dilakukan Rian ini adalah murni dari dirinya sendiri," ucap asisten pelatih Persebaya ini.

"Mungkin untuk menapaktilasi dia semasa kecil pernah saya certain bahwa saya dulu membawa ari-arimu dari rumah sakit sampai ke rumah,” imbuhnya.

Pesan untuk Rian

Abah Bejo juga mengaku memahami nazar ini tidaklah mudah. Tentunya secara manusiawi rasa lelah itu muncul di tengah-tengah jalan. "Di lubuk hati seorang ayah terbersit keinginan baik tapi ada ujian di situ. Di saat-saat momen mendekati finish, saya tepuk, semangat Rian," katanya hingga Rian berhasil sampai ke rumah dengan membawa ari-ari anaknya.

Abah Bejo pun membagikan apa yang dipesankannya kepada Rian saat hendak menguburkan ari-ari Ahmad Syakir Muzafar.

“Jaga keluarga ini, bahwa dengan datangnya anak ini merupakan karunia bagi Rian. Menjadi motivasi bahwa Rian tidak hidup berdua lagi, punya tanggung jawab sebagai ayah, anaknya butuh bimbingan dalam segala hal. Terutama Rian dalam profesinya harus lebih bertanggung jawab. Itu harapan kami,” tutup eks pemain Persebaya ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES