Kesehatan

Hobi Mengisi Teka-Teki Silang? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 09 Agustus 2021 - 02:37 | 140.92k
Ilustrasi - Manfaat mengisi teka teki silang (Foto: mirror)
Ilustrasi - Manfaat mengisi teka teki silang (Foto: mirror)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teka-teki silang (TTS) adalah permainan klasik yang dikenal sejak lama dan digemari oleh semua kalangan masyarakat. Oleh sebagian orang, mengisi teka-teki silang kerap digunakan untuk mengisi waktu luang dan mengusir kebosanan. Namun ternyata, TTS memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut manfaat sering mengisi teka-teki silang untuk kesehatan tubuh.

1. TTS bisa mempertajam ingatan

Bermain TTS dapat meningkatkan kemampuan otak secara umum. Mengisi TTS mengharuskan Anda untuk terus berpikir serta menganalisis. Selain itu, bermain TTS juga dapat membantu mempertajam ingatan, khususnya ingatan jangka pendek.

Sering kali pertanyaan dalam TTS menuntut Anda untuk membongkar ingatan mengenai nama tempat, nama tokoh, peristiwa, istilah-istilah tertentu, kata dalam bahasa asing maupun bahasa daerah, dan sebagainya. Hal tersebut akan kembali menyegarkan ingatan Anda.

Secara tidak langsung, TTS pun dapat meningkatkan kecerdasan verbal (bahasa) karena kosakata Anda akan makin diperkaya dengan seringnya Anda mengerjakan TTS.

2. Mencegah alzheimer dan demensia

Tak berhenti disitu, teka-teki silang pun dapat mencegah Anda mengalami demensia dan alzheimer. Demensia atau pikun adalah kondisi dimana sel otak mengalami penurunan fungsi yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan mengingat, sulit melakukan aktivitas sehari-hari, dan lupa akan pengalaman atau kejadian sebelumnya.

3. Mengurangi stres

Dari sisi kesehatan mental, bermain teka-teki silang berdampak positif pada emosi. Harus diakui, teka-teki silang adalah permainan yang seru. Bermain teka-teki silang saat waktu luang di tengah tekanan pekerjaan akan membantu Anda mengurangi stres.

Studi ilmiah juga telah membuktikan hal tersebut. Aktivitas yang mengasah kemampuan kognitif seperti teka-teki silang efektif dalam mengurangi kecemasan dibandingkan aktivitas lain seperti menonton televisi atau berbelanja.

4. Meningkatkan hubungan sosial

Teka-teki silang juga memiliki manfaat secara sosial. Anda tak harus mengerjakan teka-teki silang seorang diri. Dengan beberapa teman, Anda dapat bermain teka-teki silang bersama-sama. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kerja sama, meningkatkan kemampuan berpikir serta berkomunikasi. Bila diterapkan pada lanjut usia, akan membuat diri mereka merasa diterima dan bernilai kembali.

Mengisi teka-teki silang bukanlah permainan usang yang tak layak dilirik. Permainan sederhana ini justru mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan otak, mental, dan sosial. Yuk, isi waktu luang dengan mengisi teka-teki silang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES