Gaya Hidup

Lima Rekomendasi Film yang Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

Minggu, 08 Agustus 2021 - 13:33 | 79.97k
Poster Film Soekarno. (Foto: Kompas.com).
Poster Film Soekarno. (Foto: Kompas.com).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Untuk membangkitkan jiwa nasionalisme menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-76, ada beberapa film yang wajib banget ditonton.  TIMES Indonesia punya lima rekomendasi film yang bisa membangkitkan jiwa nasionalisme.

1. Soekarno

Soekarno.jpgPoster Film Soekarno. (Foto: Kompas.com). 

Film biografi bapak proklamator Indonesia ini wajib banget menjadi list pertama. Film ini disutradari oleh Hanung Bramantyo. Sosok Soekarno diperankan langsung oleh Ario Bayu. Film tersebut bercerita tentang kehidupan Soekarno mulai dari Soekarno lahir, hingga perjuangan Soekarno untuk dalam kemerdekaan Indonesia.

Film ini akan bisa membangkitkan jiwa nasionalisme kita. Karena dalam film tersebut kita akan banyak belajar tentang betapa beratnya perjuangan founding father kita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak perdebatan antara golongan muda dan golongan tua.

2. Guru Bangsa Hos Tjokroaminoto

Tjokroaminoto.jpgFilm Guru Bangsa Hos Tjokroaminoto. (Foto: Instagram @Hos Tjokroaminoto)

Film Guru Besar Hos Tjokroaminoto adalah film biografi seorang guru bangsa bernama Hos Tjokroaminto berlatar abad 19-an. Film yang diperankan Reza Rahadian itu menceritakan tentang kehidupan Hos Tjokroaminoto mulai lahir hingga perjuannya membentuk organisasi Islam terbesar pertama di Indonesia.

Hos Tjokroaminoto memiliki peran besar pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Di tempat tinggalnya yang juga menjadi kos-kosan yang berada di jalan Peneleh Surabaya, ia melahirkan tokoh-tokoh besar Indonesia salah satunya Soekarno. Film ini sangat cocok ditonton jika kita ingin mengetahui sejarah sebelum kemerdekaan Indonesia.

3. Triologi Merah Putih

Film Triologi Merah Putih adalah film yang mengisahkan beberapa pemuda Indonesia yang berasal dari daerah dan suku yang berbeda. Para pemuda tersebut berjuang melawan Belanda pada awal kemerdekaan Indonesia. Saat Belanda ingin sekali merebut Indonesia.

Film tersebut diperankan oleh Darius Sinathrya sebagai Marius, Dony Alamsyah sebagai Tomas, Lukman Sardi sebagai Amir, Joe Sims sebagai Sergeant De Graffe dan Rahayu Saraswati sebagai Senja.

4. Jendral Soedirman

Film ini mengisahkan tentang seorang tokoh perjuangan Indonesia yakni Jendral Soedirman. Jendral Soedirman yang diperankan oleh Adipati Dolken itu mengisahkan tentang Jendral Soedirman yang berjuang mempertahan kemerdekaan. Dalam Film tersebut, Jendral Soedriman memimpin perang gerilya yang saat itu sedang dalam kondisi menderita penyakit paru-paru.

5. Kartini

Kartini.jpgFilm Kartini. (Foto: Instagram @Kartinifilm)

Film Kartini adalah film biografi yang berkisah Pahlawan Perempauan Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Film garapan Hanung Bramantyo ini berkisah tentang perjuangan RA Kartini memperjuangkan hak perempuan dibidang Sosial dan Pendidikan. Saat itu, kaum perempuan, terutama yang tinggal di lingkungan keraton, harus tunduk dengan peraturan keraton. Menurut Kartini, hal itu tidak adil bagi kaum perempuan.  

Film yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo itu, rilis pada tahun 2017 lalu.

Itulah tadi 5 rekomendasi film yang bisa membangkitkan jiwa nasionalisme, sekaligus juga bisa mengisi hari-hari dirumah selama Bulan Kemerdekaan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES