Gaya Hidup

Kamu Wajib Tahu, Kandungan Skincare Sesuai Jenis Kulit

Minggu, 08 Agustus 2021 - 11:01 | 50.40k
Pilih perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit mu agar semakin sehat dan cerah (Foto: Pinterest)
Pilih perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit mu agar semakin sehat dan cerah (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perawatan atau self care bukan hanya untuk membuat kulit cerah, tetapi juga membuat kulit sehat dan bersih.

Khususnya dengan remaja wanita yang memperhatikan kulit wajah maupun tubuh karena aktivitas yang berat membuat kulit terlihat kusam dan kekencangan kulit berkurang.

Maka dari itu untuk remaja wajib memperhatikan kandungan yang ada dalam skincare yang sesuai jenis kulit, ini adalah beberapa zat tersebut.

1. Kandungan PA (Protection guide of UVA)
PA tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UV A karena UVA dapat membuat penuaan dini hingga kanker kulit.

Semakin banyak kandungan PA yang terdapat dari sebuah produk semakin tinggi tingkat proteksinya.

2. SPF (Sun Protection Factor) yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UVB karena sinar tersebut penyebab kulit gelap dan terbakar. SPF umumnya diikuti dengan angka yang menjadi kode seberapa besar perlindungan yang diberikan kepada kulit.

3. Acid senyawa asam yang terkandung di dalam skincare, memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda-beda.

A. Hyaluronic acid memiliki manfaat untuk menghidrasi kulit sifatnya yang sangat melembapkan biasanya cocok untuk jenis kulit kering. Namun, hyaluronic acid juga aman dan cocok untuk semua jenis kulit karena teksturnya yang ringan.

B. Retinoid acid berfungsi untuk menghilangkan kerutan dan bekas seperti noda gelap pada wajah untuk kulit dengan warna tidak rata. Penggunaan retinoid acid sebaiknya digunakan pada malam hari agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Perawatan-Skincare.jpg

C. Salicylic acid memiliki kandungan BHA (asam beta hidroksi) yang dapat larut dalam minyak dan mampu menembus kulit lebih dalam. Kandungan salicylic acid pada skincare berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak serta dapat mengatasi penyumbatan pada pori pori yang rentan berjerawat.

D. Glycolic acid berfungsi untuk mengeksploitasi sel kulit mati, mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit. Kandungan glycolic acid biasanya dapat dijumpai dalam produk skincare berbentuk serum, produk eksfoliasi, dan krim anti penuaan dini.

4. Khusus untuk Hydrating adalah produk yang dibuat untuk menghidrasi kembali kulit yang dehidrasi. Situasi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih, iklim , atau kurang tidur. Kandungan yang berfungsi untuk meningkatkan kandungan air di dalam kulit biasa terdapat di dalam aloevera,madu,serta bahan makanan yang kaya akan kolagen.

5.Moisturizing.

Produk moisturizing biasanya dibuat dan ditujukan untuk pemilik kulit kering. Produk moisturizer atau pelembap berfungsi untuk melembabkan dan mencegah hilangnya kelembaban dari kulit. Kelembapan ini dapat didapat dari produk skincare yang memiliki kandungan seperti petroleum jelly dan minyak zaitun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES