Gaya Hidup

Benarkah Minum Air Dingin Membuat Badan Gemuk?

Minggu, 08 Agustus 2021 - 04:46 | 35.13k
ILUSTRASI - Minum Air Dingin. (FOTO: Ladies.id)
ILUSTRASI - Minum Air Dingin. (FOTO: Ladies.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMinum air dingin memang sangat menyegarkan, terlebih jika diminum saat cuaca sedang panas. Sayangnya, banyak orang yang memilih untuk menghindarinya karena berpikir jika minuman ini bisa membuat badan semakin gemuk. Benarkah?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan dr. Diana Suganda dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya menyebutkan bahwa mitos bahwa air dingin membuat badan gemuk tidak benar adanya.

Di dalam air putih dingin, bahkan termasuk air es, tidak memiliki kandungan kalori yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Hanya saja, jika di dalam air dingin yang kita konsumsi terdapat kandungan seperti gula, sirup, atau berbagai pemanis lainnya, maka minuman tersebut kaya akan kalori sehingga jika kerap dikonsumsi memang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Beberapa jenis minuman dingin yang terlihat sehat namun sebenarnya kurang baik bagi kesehatan dan program diet adalah jus buah. Biasanya, jus buah yang kita beli di pinggir jalan ini sudah ditambahi gula dengan jumlah yang tinggi. Selain itu, jus buah kemasan yang banyak tersedia di minimarket atau swalayan juga memiliki kandungan gula, pengawet, dan bahan lain yang kurang baik bagi kesehatan kita.

Dr. Diana memberikan contoh minuman jeruk peras yang bisa kita temukan di warung atau kafe. Meskipun terlihat segar, dalam realitanya pedagang minuman ini menambahkan banyak sekali gula demi menurunkan rasa asam dari jeruk tersebut. Alhasil, di dalam jeruk peras ini bisa saja terdapat 400 kalori yang jika tidak dibakar dengan aktifitas fisik atau olahraga, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita minum air dingin yang hanya berupa air putih saja, bukan yang ditambahi dengan gula atau campuran lainnya yang bisa memicu kenaikan berat badan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES