Gaya Hidup

Ini Caranya Agar Anak Mudah Tidur Siang

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 02:22 | 41.52k
ILUSTRASI - Seorang anak sedang tidur siang. (FOTO: myfamilyfirstchiro.com)
ILUSTRASI - Seorang anak sedang tidur siang. (FOTO: myfamilyfirstchiro.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur siang memiliki banyak manfaat untuk anak, terutama untuk melengkapi waktu tidurnya. Tidur siang pada anak berusia 1-3 tahun juga penting untuk perkembangan mental, kognitif serta emosional. Durasi anak tidur siang yang cukup dan sesuai adalah 1 hingga 3 jam.

Anak yang sedang berada pada masa aktif sangat susah untuk tidur siang. Anda jangan membiarkan anak terlarut dalam kegiatannya dan mengabaikan tidur siangnya. Agar anak mudah tidur siang, cobalah hal-hal berikut.

Anda bisa mengubah suasana kamar anak. Ciptakan suasana kamar yang nyaman, tenang, dan agak redup. Kondisi ini akan memicu hormon melatonin yang menyebabkan rasa mengantuk. Usahakan tidak ada mainan dan televisi yang menyala agar anak mudah tertidur.

Jangan memberikan makanan berdekatan waktunya dengan jam tidur siangnya. Anak dapat merasa kekenyangan dan tidak nyaman untuk berbaring. Namun Anda bisa memberikan sedikit susu hangat yang dapat membantu anak mudah tertidur

Membelai anak dan pijatan lembut juga berperan untuk membantu anak mudah tidur siang. Anak akan merasa rileks dan santai dengan belaian dan pijatan lembut sehingga mereka tertidur dengan cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES