Gaya Hidup

Tips Mudah Menyimpan Buah dan Sayur

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 00:40 | 41.93k
ILUSTRASI - Menyimpan Buah dan Sayur di lemari es. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Menyimpan Buah dan Sayur di lemari es. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan menyimpan bahan makanan seperti buah dan sayur dalam lemari es tidak bisa dihindarkan lagi. Selain agar sayur dan buah lebih awet, alasan lebih segar juga menjadikan lemari es sebagai tempat penyimpanan favorit.

Sebenarnya, menyimpan buah atau sayur dalam lemari es tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa teknik yang dianjurkan untuk menyimpan sayur dan buah dalam lemari es.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah jangan menyimapan sayur dan buah secara tercampur. Hal ini akan mengakibatkan buah atau sayur bisa cepat busuk karena buah biasanya memproduksi gas ethylene yang bisa beraksi sebagai hormon pematang dan mempercepat kelayuan.

Langkah kedua, berikan sayur ruang untuk bernapas. Jangan menyimpan sayur dalam keadaan tertutup rapat karena ini bisa membuat mereka cepat busuk. Pilihlah tempat atau kantong yang memiliki celah agar udara bisa masuk.

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah jangan mencuci saat akan menyimpan. Bagi sebagian orang, akan merasa lebih baik jika buah dan sayur dicuci terlebih dahulu dengan alasan kebersihan. Padahal ini justru akan membuat buah atau sayur menjadi lembab dan mempercepat tumbuhnya bakteri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES