Wisata

Pandemi Covid-19, JTP2 Panen Kelahiran Satwa

Kamis, 05 Agustus 2021 - 22:27 | 61.42k
Beberapa koleksi satwa yang dimiliki oleh Secret Zoo, Jawa Timur Park Kota Batu yang melahirkan di masa Pandemi Covid-19. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Beberapa koleksi satwa yang dimiliki oleh Secret Zoo, Jawa Timur Park Kota Batu yang melahirkan di masa Pandemi Covid-19. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Selama Pandemi Covid-19 ini, satwa di Secret Zoo, Jawa Timur Park (JTP) 2 Kota Batu, panen kelahiran. Ada enam satwa yang melahirkan di obyek wisata yang dikelola oleh Jatim Park Group ini.

Drh Roosy Margaretha Riupassa, dokter hewan Secret Zoo mengatakan kurang lebih ada enam satwa yang lahir selama pandemi Covid-19 ini. Satwa yang melahirkan dari jenis Primata, Zebra dan Otter.  Menariknya diantara satwa yang melahirkan ini adalah salah satu hewan langka yang hanya Secret Zoo saja yang memiliki koleksi satwa ini.

Secret Zoo b

“Beberapa Primata yang melahirkan, kita punya red hand tamarin, white light tamarin, pygmy marmoset dan colobus monkey,” ujar Roosy. Ada juga Cheat Men Zebra yang melahirkan sementara dari jenis Otter ada Small Clawed Otter yang melahirkan.

Lebih lanjut Roosy menjelaskan bahwa untuk bayi Zebra lahir pada bulan Juni 2021, saat ini masih berusia 2 tahun dan berjenis kelamin betina.

“Kelahirannya berlangsung secara normal, perkawinannya pun terjadi secara alami. Kita punya  dua jenis Zebra, satu Grand Zebra, satunya Cheat Men Zebra, jenis Cheat Men Zebra ini yang melahirkan,” ujarnya. Menurutnya karena bukan hewan endemic, Zebra ini tidak diberikan nama.

Secret Zoo c

Dari sekian satwa yang melahirkan ada salah satu satwa yang ukuran badannya sangat mini. Tidak lain adalah Pigmy Marmoset. Satwa kecil ini melahirkan bayi kembar dan dalam setiap kelahiran memang selalu melahirkan bayi kembar.

“Ada juga Colobus Monkey, primate pemakan daun yang merupakan satwa langka, di Indonesia, hanya kita (Secret Zoo) saja yang memiliki koleksi ini,” ujar Roosy.

Jika penasaran ingin melihatnya, tentu wisatawan harus sedikit bersabar, karena baru bisa melihat koleksi satwa baru ini selepas masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), karena saat ini JTP 2 masih tutup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES