Wisata

Komunitas Drone Majalengka Gencar Promosikan Pariwisata dari Udara

Jumat, 06 Agustus 2021 - 01:13 | 85.94k
Ilustrasi drone. (Foto: profesi-unm.com)
Ilustrasi drone. (Foto: profesi-unm.com)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKADrone atau pesawat tanpa awak yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan fungsi merekam video dan foto, saat ini mulai banyak digemari oleh masyarakat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Untuk membantu menambah pengetahuan sekaligus mengasah keahlian para pilot drone, saat ini Komunitas Drone Skuad Kabupaten Majalengka telah terbentuk dan Lensa Kelvin secara aklamasi, telah terpilih sebagai Ketua Komunitas Drone Skuad.

Adhi Setya Putra inisiator, sekaligus pembina komunitas Drone Skuad mengungkapkan, bahwa pembentukan komunitas tersebut, ialah untuk meningkatkan kualitas dan mentertibkan para pilot drone yang ada di Kabupaten Majalengka.

Apalagi di Kabupaten Majalengka saat ini terdapat aktifitas penerbangan Internasional dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan dikhawatir jika tidak ditertibkan, aktifitasnya akan terganggu.

"Untuk itu, komunitas drone yang saat ini anggotanya telah mencapai puluhan tersebut, telah dibentuk," "ungkap Adhi Setya Putra, Kamis (5/8/2021)

Menurut pria yang saat ini juga menjabat Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Majalengka itu, bahwa pembentukan tersebut, dalam upaya membuat standarisasi dan legalitas bagi para pilot drone dan juga sekaligus memberikan bantuan untuk mengexplore keindahan pariwisata yang ada di Kabupaten Majalengka.

Drone-Majalengka.jpg

"Karena drone ini bisa dimanfaatkan lebih untuk menampilkan visual Majalengka dari sudut yang berbeda yang selama ini tidak bisa dijangkau dengan memotret konvensional," jelasnya.

Ditambah lagi, menurut Adhi, saat ini pariwisata terdampak, oleh karena itu para komunitas drone skuad diharapkan bisa mengexplore keindahan Majalengka ke publik kembali dan setelah PPKM ada kelonggaran diharapkan aktifitas pariwisata bisa lebih aktif.

Sementara itu, Ketua Komunitas Drone Skuad Lensa Kelvin menambahkan, bahwa setelah terbentuknya komunitas drone skuad tersebut, para pengurus akan segera berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud S Sukani. Karena, TNI AU merupakan instansi yang memiliki kebijakan dalam dunia kedirgantaraan.

Dalam kordinasi tersebut, lanjut dia, dilakukan dalam rangka membuat tata tertib dalam penerbangan drone di Kabupaten Majalengka dan diharapkan para anggota bisa semakin kompak.

"Bahkan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan kemampuan dalam menerbangkan drone bisa bergabung dan kita dari komunitas Drone Skuad ini terbuka untuk umum," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES