Peristiwa Internasional

Kebakaran Hutan di California AS Meluas Cepat

Kamis, 05 Agustus 2021 - 17:01 | 40.22k
Sebuah rumah dilalap api di River Fire, kebakaran hutan yang berkobar di Grass Valley, California, AS, 4 Agustus 2021.(FOTO: Reuters)
Sebuah rumah dilalap api di River Fire, kebakaran hutan yang berkobar di Grass Valley, California, AS, 4 Agustus 2021.(FOTO: Reuters)

TIMESINDONESIA, ASKebakaran hutan di Grass Valley, California, Amerika Serikat (AS) semakin menyebar dengan cepat dan membakar rumah-rumah serta memaksa ribuan orang mengungsi di dua distrik berhutan lebat di timur laut Sacramento pada hari Rabu (4/8/2021).

Gumpalan asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan itu membubung tinggi hingga terlihat dari jarak 110 km.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (Cal Fire) seperti dilansir Reuter menyebutkan, kebakaran sungai (River Fire) itu menghanguskan 1.400 hektar (566 hektar) di wilayah distrik Placer dan Nevada, dengan 1.000 hektar terbakar dalam waktu dua jam pertama.

River Fire berada kurang dari 100 mil (160 km) di selatan Dixie Fire yang abadi, yang menurut Cal Fire telah menghabiskan 278.000 hektar dan hanya 35% yang tersisa sejak dimulai tiga minggu lalu.

Gambar media sosial menunjukkan Dixie Fire pada hari Rabu telah menghancurkan beberapa bangunan di satu bagian Greenville, sebuah kota berpenduduk sekitar 800 orang di Plumas County.

Api Sungai sama sekali tidak bisa dipadamkan, tetapi para pejabat mengatakan mereka memperkirakan cuaca malam yang lebih dingin dan perubahan arah angin akan membantu.

rumah dilalap api di River Fire aApi menjalar melintasi dek depan sebuah rumah di jalur River Fire, kebakaran hutan yang berkobar di Grass Valley, California, AS, 4 Agustus 2021. (FOTO: Reuters)

Sedikitnya empat rumah hancur di Colfax, sebuah kota di Placer County yang berpenduduk 2.000 orang sekitar 50 mil (80 km) timur laut Sacramento, menurut seorang saksi mata Reuters. Para pejabat mengatakan, mereka akan memiliki perkiraan kerusakan properti pada hari Kamis hari ini.

"Sedikitnya 2.400 orang telah dievakuasi dari rumah mereka di Placer County, dan 4.200 orang lainnya berada di bawah perintah evakuasi di Nevada County," kata petugas pemadam kebakaran dan penegak hukum dalam konferensi pers.

Pusat evakuasi didirikan di kedua distrik, dan tempat penampungan hewan untuk hewan peliharaan didirikan di pasar malam.

"Jika Anda menerima peringatan evakuasi, silakan pergi. Jika Anda menerima perintah, keluarlah. Hati kami bersama komunitas kami, teman-teman kami, tetangga kami yang terkena dampak insiden ini," kata Sheriff Placer County, Devon Bell pada konferensi pers.

Carrie Levine, ahli ekologi kebakaran dari Grass Valley terdekat mengatakan, keluarganya telah dievakuasi bahkan tanpa peringatan resmi karena api bergerak begitu cepat.

"Ada kolom asap besar. Cukup gelap, seperti asap ungu, abu-abu, menakutkan. Itu di ngarai sungai yang cukup curam, dan mereka sangat suka meledakkan ngarai sungai dengan angin," kata Levine, yang mempelajari bahan bakar api dan mengembangkan model untuk perusahaan swasta.

Ahli lain mendesak orang untuk mengungsi karena daerah itu sangat berisiko.

"Dalam sebuah analisis yang kami lakukan beberapa tahun lalu untuk sebuah perusahaan asuransi, daerah Colfax/Auburn/Grass Valley adalah salah satu daerah dengan risiko tertinggi di negara bagian untuk kerugian besar akibat kebakaran hutan," kata seorang pyrogeographer di University of California Merced, Crystal Kolden, di Twitter.

Lebih dari selusin kebakaran hutan berkobar di seluruh negara bagian AS, yang biasanya mengalami puncak musim kebakaran di akhir tahun. California menderita paling banyak areal yang terbakar tahun ini daripada tahun lalu, yang merupakan musim kebakaran terburuk yang pernah tercatat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES