Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Bondowoso Terima 3220 Dosis Vaksin Covid-19 Moderna untuk Nakes

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:32 | 27.74k
Penerimaan vaksin Covid-19 di Bondowoso (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia).
Penerimaan vaksin Covid-19 di Bondowoso (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia).
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Satgas Covid-19 Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sudah menerima Vaksin Covid-19 jenis Moderna. Total ada 230 vial atau 3.220 dosis. Vaksin tersebut untuk penyuntikan tahap tiga bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Kepala Dinkes Bondowoso, Mohammad Imron, melalui Kasi Surveillance dan Imunisasi, Tuhu Suryono mengatakan, vaksin tersebut tiba di Bondowoso, Rabu (4/8/2021) kemarin.

"Ini baru pengiriman perdana, kemarin. Sebanyak 230 vial. Per vial isi 14 dosia," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Menurutnya, Vaksin Moderna ini memang dikhususkan untuk penyuntikan dosis tiga bagi tenaga kesehatan. "Nakes yang dimaksud di dalamnya termasuk admin dan tenaga pendukung lainnya," katanya, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, hari ini pihaknya melakukan validasi sekaligus pengalokasian. Kemungkinan besok segera disuntikkan kepada Nakes. Semua Nakes dipastikan menerima Vaksin Moderna ini. Baik yang bertugas di rumah sakit (RS) atau di Puskesmas rujukan pasien Covid-19, klinik dan sebagainya.

"Vaksin cukup. Penyuntikan vaksin tersebut akan dilakukan secara bertahap. Semuanya harus disuntik," jelasnya.

Namun demikian kata dia, ada ketentuan bagi Nakes yang terpapar Covid-19, maka baru bisa disuntik tahap ketiga sekitar tiga bulan lagi. Terhitung sejak terkonfirmasi.

Berdasarkan data Dinkes, di Kabupaten Bondowoso total ada sekitar 3.682 Nakes yang akan menerima Vaksin Covid-19 jenis Moderna. Namun penyuntikan tidak bisa selesai 100 persen pada Agustus ini. "Karena masih ada Nakes yang kena Covid. Nunggu tiga bulan lagi," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES