Peristiwa Daerah

Momen HUT ke-76 RI, Warga Pesisir Gresik Kibarkan Bendera di Atas Perahu

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:04 | 30.55k
Nelayan saat mengibarkan bendera merah putih di atas perahu (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Nelayan saat mengibarkan bendera merah putih di atas perahu (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, peringatan HUT ke-76 RI tetap meriah. Seperti yang dilakukan warga di pesisir Kabupaten Gresik tepatnya Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah. Mereka serentak mengibarkan bendera merah putih. 

Pemasangan bendera ini juga simbol semangat juang melawan pandemi Covid-19. Warga yang mayoritas nelayan ini juga mengibarkan bendera diatas perahu serta tempat pelelangan ikan (TPI).

Tak hanya itu, pernak-pernik merah putih juga dipasang di perahu. Bahkan, tak sedikit mereka mengecat perahu dengan warna dominan khas simbol negara. Semua gotong-royong meriahkan HUT RI-76.

"Mengais rezeki melalui hasil laut dengan Merah Putih, berkibar di perahu seakan menambah semangat juang tak pernah padam dalam menerjang ombak demi kebutuhan keluarga," kata Jamiul, salah satu nelayan, Kamis (5/8/2021).

Merah Putih di Kapal Nelayan

Dia mengaku memang terdampak pandemi Covid. Harga ikan sempat merosot dan tidak stabil karena ekonomi lesu. Namun, ia tak menyerah. Setiap hari mencari ikan. Ekonomi harus tetap berjalan. Dapur harus ngebul.

Selain sebuah kewajiban, mengobarkan bendera ini dirinya untuk menggelorakan semangat bersama memerangi pandemi Covid-19.  "Kami menyadari bahwa kebijakan pemerintah dibuat sebagai ikhtiar mengakhiri pandemi berkepanjangan ini," tambah Jamiul.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kapolsek Ujungpangkah AKP Sujito menyatakan dirinya meminta bawahanya untuk mengajak masyarakat mengibarkan bendera merah putih di momen HUT RI-76.

"Yang dilakukan masyarakat Nelayan Banyuurip ini layak kita apresiasi. Membangkitkan semangat bagi semua pihak agar tidak menyerah," kata Sujito.

Merah Putih di Kapal Nelayan Gresik

Diungkapkan dia, selama PPKM berlangsung dirinya bersama tiga pilar lainnya terus mengintensifkan operasi yustisi baik penagakan maupun upaya preventif. Hal ini agar masyarakat patuh protokol kesehatan.

Menurutnya, pola 5M adalah hal yang tak boleh ditawar lagi. Harus terus dilakukan masyarakat saat ini. Ini semata-mata untuk menghindari paparan virus corona yang telah bermutasi menjadi varian baru.

"Meskipun sudah divaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan," tutup Sujito mengapresiasi semangat warga pesisir Kabupaten Gresik Lawan Covid di Momen HUT ke-76 RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES