Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

dr Mey Siap Beri Konsultasi Kesehatan Gratis untuk Pasien Isoman di Banyumas

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:11 | 36.29k
Dr Mei, relawan dokter yang siap memberi konsultasi gratis bagi warga Isoman di Banyumas. (FOTO :Dokumen dr. Mei Dian)
Dr Mei, relawan dokter yang siap memberi konsultasi gratis bagi warga Isoman di Banyumas. (FOTO :Dokumen dr. Mei Dian)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Untuk mendampingi isoman mendapatkan informasi yang baik dan benar, Satgas Covid-19 Kecamatan Kembaran Banyumas, Jawa Tengah menggandeng dokter relawan untuk memberikan konsultasi kesehatan gratis secara daring.

"Sebagai upaya meringankan beban warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri, mengingat tanpa arahan dari dokter menurut kami bisa berbahaya, karena mereka bisa mengkonsumsi obat tanpa resep dokter," kata Omar Udaya Camat Kembaran selaku ketua satgas Covid 19 Kecamatan Kamis (5/8/2021).

Menurut Omar, dokter yang mau memberikan konsultasi gratis adalah dr Mey Dian Intan Sari. Ia ketemu dr. Mey ketika ada kegiatan bakti sosial HIPMI berupa bantuan  sembako bagi warga isoman dikecamatan Kembaran waktu itu dokter Mey terlibat didalamnya.

Camat Omar mengungkapkan, warga yang sedang Isoman membutuhkan konsultasi khusus, selain dari petugas Puskesmas.

"Disela pembicaraan saya minta tolong keiklasan beliau untuk menjadi dokter konsultan. Kami ingin ada konsultasi kesehatan online melihat mengingat dan menimbang  dimana masih banyak warga yg isoman kurang terpantau, ada yang takut berobat ke dokter dan butuh konsultasi tapi karena isoman gak bisa keluar rumah," jelasnya

dr. Mey Dian Intan Sari yang berdomisili di Desa Karangtengah Kecamatan Kembaran menyanggupi. Jadilah konsultasi kesehatan online Gratis untuk warga Kecamatan Kembaran.

Layanan konsultasi melalui nomor WA 0815 6147 9515 ditangani operator dari kecamatan untuk menyaring pertanyaan yang layak diteruskan ke dokter.

Menurut Omar, WA layanan ini sudah disetting bisnis dan sudah tersedia manual guide serta landing page yang akan mempermudah warga isoman dalam memberikan pertanyaan sehingga bisa mendapatkan jawaban untuk menangani keluhan-keluhan yang dirasakan selama menjalani isolasi mandiri.

Pertanyaan dari warga isoman akan diteruskan ke WA Group Layanan Konseling Isoman, kemudian dr. Mey Dian Intan Sari akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

"Jawaban dari dokter akan diteruskan oleh WA Layanan kepada warga isoman yang bertanya Keberadaan WA Group Layanan Konseling Isoman dimaksudkan agar ada pantauan dari Forkompinca Kembaran," kata Omar

Ditempat terpisah dr. Mei Dian Intan Sari membenarkan awal pertemuan dengan Satgas Covid-19 kecamatan Kembaran ketika kegiatan bakti sosial untuk warga isoman yang tidak mampu.

"Namun di sela-sela pembicaraan, Pak Camat menyampaikan banyak warga yang butuh konsultasi khususnya yang sedang isoman. Akhirnya ya saya langsung putuskan saya siap membantu untuk konsultasi online yg isoman khususnya wilayah kecamatan kembaran," ungkapnya.

Layanan tersebut meliputi, konsultasi gratis pencegahan, penanganan, pengobatan bagi warga. Konsultasi bertujuan untuk mempermudah warga isoman memperoleh informasi, wawasan dan pengetahuan seputar Covid-19 sehingga warga isoman tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat dan tindakan-tindakan yang justru dapat membahayakan nyawa sendiri dan keluarga.

dr. Mey berharap dengan adanya layanan konsultasi maka warga isoman di Kecamatan Kembaran dapat lebih berhati-hati dalam pengobatan Covid19 serta termotivasi untuk segera sembuh dari paparan Covid19, sehingga dapat menekan angka penularan virus Covid-19, dan menekan angka kematian dikarenakan virus Covid-19.

"Banyak warga yang tidak faham obat yang harus, diminum, memang ada obat yang dijual bebas, namun ada beberapa obat yang harus melalui faskes," terangnya.

Menurutnya, setelah konsultasi, warga merasa lebih percaya diri, tidak khawatir berlebihan dan mengerti apa yang harus dilakukan. konsultasi kesehatan tersebut juga sekaligus memudahkan warga, untuk bisa mendapat layanan kesehatan. Setiap harinya ada sekitar 10-15 orang yang berkonsultasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES