Pendidikan

Program Merdeka Belajar, Mahasiswa Luar Bisa Ambil Kuliah di UIN Maliki Malang

Kamis, 05 Agustus 2021 - 08:10 | 79.49k
Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangka menyosong Merdeka Belajar, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) membuka kesempatan kepada mahasiswa luar kampus UIN Maliki Malang untuk mengambil mata kuliah di UIN Maliki Malang. Mahasiswa luar kampus tidak hanya dapat kuliah di UIN Maliki Malang tetapi juga akan mendapatkan nilai dari UIN Maliki Malang.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Secara PDDikti menu tersebut sudah siap, kemudian secara siakad kita juga sudah siapkan," ujar Imam Ahmad, MAg, Kepala Bagian Akademik (Kabag Akademik) UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Kamis (5/8/2021).

Imam Ahmad menjelaskan, mahasiswa luar kampus dapat mengambil semua mata kuliah yang ada di UIN Maliki Malang. Dan akan lebih mudah apabila mengambil mata kuliah yang sama dengan jurusan yang ditengah ditempuh, misalnya jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) mengambil mata kuliah di jurusan Sastra Arab UIN Maliki Malang. Tapi tidak menutup kemungkinan apabila misal, Jurusan Sastra Indonesia UM mengambil mata kuliah di jurusan Sastra Arab UIN Maliki Malang.

Imam menegaskan, mengambil mata kuliah yang tidak sama dengan jurusan tetap bisa, asalkan jurusan dari pihak luar kampus bisa mengakui dan bisa mengonversi mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan.

"Pendaftaran sudah dibuka dari minggu kemarin, pendaftaran dapat langsung menghubungi prodi yang bersangkutan. Nanti prodi akan memberikan google form yang harus diisi oleh mahasiswa yang ingin mengajukan belajar di sini," jelasnya.

Imam mengatakan, tidak ada kuota atau batasan mahasiswa luar kampus yang ingin mengambil mata kuliah di UIN Maliki Malang, karena UIN sangat mempersilakan mahasiswa luar kampus yang ingin mengambil merdeka belajar di UIN.

Adapun ketentuan agar mahasiswa luar kampus dapat mengambil mata kuliah di UIN Maliki Malang yaitu mata kuliah yang diambil ada di sana, bisa dikonversi dengan perguruan tinggi asal, dan minimal mahasiswa semester lima.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Harapannya dengan ini, program yang dicanangkan oleh menteri dikbud bisa terlaksana secara optimal di UIN Maliki Malang dan generasi kita bisa lebih terbuka dalam mendapatkan informasi keilmuan darimanapun," tutur Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES