Politik

Antisipasi Bencana, Megawati Ajak Semua Pihak di Kepulauan Amati Kenaikan Air Laut

Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:48 | 49.00k
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada sebuah acara partai.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada sebuah acara partai.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan kenaikan air laut harus diamati dan diberitakan kepada seluruh wilayah Kepulauan RI. Dan ini membutuhkan koordinasi dan kerja bersama seluruh elemen bangsa, khususnya yang berada di pemerintahan. 

Hal itu diungkapkan Megawati saat menyampaikan pidatonya di acara peluncuran Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Geo-Hidrometeorologi yang digelar DPP PDI Perjuangan, dari Kantor Pusat Partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (4/8/2021). 

Salah satu yang dicontohkan Megawati adalah fenomena banjir rob di Semarang. Salah satu kader PDI Perjuangan yang merupakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dipanggil oleh Megawati. Sebab harus ada perubahan dilakukan menyangkut hal itu, terkait dengan pelabuhan di sana, namun sulit dilaksanakan karena masalah kewenangan. 

"Kan ada istilah rob lah. Kalau udah diomongin enggak percaya juga ya saya enggak tahu ya. Tadi saya sekilas lihat Pak Ganjar. Itu kan dari awal kamu saya jadikan, kamu sudah pernah ngomongin toh urusan pelabuhan Semarang," ujar Megawati. 

Dari layar zoom tampak Ganjar merespons dengan senyuman pembelaan Megawati atas banjir rob di Semarang itu. Ditekankan Megawati, pentingnya koordinasi pusat-daerah untuk mitigasi bencana. Sebab, kepala daerah tak bisa bergerak sendiri. 

"Gimana tuh Semarang? Tetapi kan ndak bisa. Nanti kewenangan daerah, sampai di situ saja. Berarti koneksitasnya harus sama pusat," urai Megawati.

Menurut Megawati, masalah perubahan iklim global ini telah mendorong peningkatan muka air laut. Bukan hanya di Indonesia, dampaknya juga dirasakan di berbagai negara. Di China dan Eropa, bencana banjir juga terjadi, yang dahulunya tak pernah terjadi. 

Lebih lanjut, Megawati meminta agar semua pihak bisa bersinergi, saling membantu dan seharusnya bisa mencegah bersama ancaman bencana alam. 

"Saya enggak tahu pencegahannya gimana. Tetapi yang saya tahu, ini butuh kerja sama. Ya dengan dunia, dan republik kita, dengan segala komponen bangsa," demikian ungkap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputrimengingatkan kenaikan air laut harus diamati dan diberitakan kepada seluruh wilayah Kepulauan RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES